UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MAN 1 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

ALWI IMAWAN , NIM. 10411060 (2014) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MAN 1 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MAN 1 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA )
10411060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK DI MAN 1 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA )
10411060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Alwi Imawan. Judul penelitian ini adalah Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Akhlak dan Implikasinya dalam Menumbuhkan Kesadaran Beragama di MAN 1 TempelSleman Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian, Pendidikan Agama Islam masih dinilai sebagai lembaga pendidikan yang dapat menimbulkan kesadaran beragama dalam diri peserta didik. Peserta didik hanya menyerap pengetahuan dan tidak mengaplikasikan nilai-nilai dari pengetahuan yang telah diterima. Dengan demikian diperlukan internalisasi nilai-nilai untuk menumbuhkan kesadaran beragama dalam diri peserta didik, Salah satu sekolah yang mengembangkan kesadaran beragama adalah MAN 1 Tempel Sleman Yogyakarta. Melalui mata pelajaran akidah akhlak. Tujuan penelitaian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai akhlak di MAN 1 Tempel, untuk mengetahui upaya guru aqidah akhlak dalam mengembangkan nilai-nilai akhlak di MAN 1 Tempel, serta untuk mengetahui implikasinya di MAN 1 Tempel terhadap kesadaran beragama peserta didik . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek material dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah dan pengembangan nilai-nilai akhlak dalam menumbuhkan kesadaran beragama peserta didik. Sifat dari penelitian kualitatif, menggunakan dokumen serta data wawancara sebagai hasil dari penelitian. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu content analyzis. Hasil penelitian ini adalah Pertama nilai-nilai akhlak yang di kembangkan diantaranya: nilai tanggung jawab, kedisiplinan, kesopanan, akhlak terpuji dan tercela, menghormati. Kedua upaya guru aqidah akhlak dalammengembangkan nilai-nilai akhlak di MAN 1 tempel adalah melangsukan pembelajaran ajaran aqidah akhlak dengan duac ara yang pertama dengan cara visualisasi mata pelajaran dan ketauladanan. Visualisasi materi pelajaran dengan cara memanfaatkan sarana dan prasarana, materi akidah akhlak dapat di visualisasikan dengan berbagai contoh kejadian yang terkait dengan materi yang sedang diajarkan. Kedua, keteladanan berarti meneladani dan menerapkan kehidupan seorang tokoh seperti nabi Muhammad SAW .Ketiga Implikasi upaya guru aqidah dalam mengembangkan nilai-nilai akhlak di Man 1 Tempel terhadap kesadaran beragama peserta didik. Maka dapat diambil dua tahap dalam implikasi kesadaran beragama dalam lingkungan dan diri siswa-siswinya. nilai-nilai akhlak tersebut sangat berdampak pada diri siswa sehingga terjadi proses kristalisasi rasa beragama dalam perilaku, dan juga upaya yang dilaaukan guru aqidah akhlak baik secara materi dan kegiatan keagamaan maka dengan begitu maka keteladanan dapat dimunculkan dalam diri siswa-siswi MAN 1 Tempel Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Dec 2014 07:24
Last Modified: 02 Aug 2017 06:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

View Item View Item