PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta)

SUYATNO - NIM. 04410769, (2008) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam terpadu di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas pengembangan kurikulum di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu pengembangan kurikulum pendidikan Islam terpadu di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi melalui dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep kurikulum pendidikan Islam terpadu di SDIT Hidayatullah Balong Yogyakarta meliputi; pertama, terpadu antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum, sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum karena pada dasarnya sumber dari segala ilmu itu adalah satu yaitu Allah swt. Kedua, terpadu dalam aspek subjek belajar baik mengenai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diwujudkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang menyeimbangkan ketiga ranah tersebut secara bersamaan. Ketiga, terpadu dalam tiga lingkungan pendidikan yaitu lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat. Dalam hal, ini misi sekolah tidak hanya mendidik siswa akan tetapi juga mendidik orang tua siswa dan masyarakat. Keempat, terpadu dalam penyelenggaraan yakni antara Departemen Pendidikan Nasional dengan pesantren. Hal ini dilakukan dengan mengajarkan mata pelajaran yang berasal dari kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dan mata pelajaran yang berasal dari kurikulum pesantren. (2) Pengembangan kurikulum di SDIT Hidayatullah dilakukan dengan pengembangan di setiap komponen kurikulum yang meliputi pengembangan tujuan kurikulum, pengembangan materi, pengembangan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan evaluasi hasil belajar. Pengembangan tujuan kurikulum dilakukan dengan cara menjabarkan tujuan umum kurikulum pendidikan nasional ke dalam tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional. Pengembangan materi dilakukan dengan dua cara, pertama, dengan cara memberikan nuansa islami dalam setiap topik mata pelajaran dan kedua, memadukan empat substansi mata pelajaran yang terdiri dari IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan PAI ke dalam satu paket mata pelajaran Tematik. Pengembangan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif baik di kelas maupun di luar kelas. Setiap aktifitas yang dilakukan siswa baik di kelas maupun di luar kelas mengandung nilai pembelajaran. Pengembangan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan memaksimalkan tiga ranah evaluasi yakni ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan teknik evaluasi hasil belajar yang dilakukan adalah dengan menitikberatkan pada pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum