KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PLURALISME AGAMA

UMI BAROKAH - NIM. 02470977, (2008) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PLURALISME AGAMA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (02470977)
UMI BAROKAH 02470977 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PLURALISME AGAMA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu kehidupan selalu ada kemajemukan, baik kemajemukan dalam suku, bahasa maupun agama. Dengan adanya berbagai kemajemuan tersebut menyebabkan kerusuhan dan konflik atas nama sebuah kepentingan seringkali muncul. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kemajemukan tersebut, sehingga bangsa Indonesia selalu berupaya bagaimana menjalani kehidupan ini secara damai dengan orang yang berlainan keadaannya. Umat Islam sebagai komunitas terbesar di Indonesia berusaha untuk menyelesaikan masalah kemajemukan agama dengan berbagai cara, diantaranya melalui bidang pendidikan. Karena pendidikan dianggap sebagai salah satu bidang yang sangat efektif untuk melakukan perubahan. Skripsi ini membahas tentang Konsep pendidikan Islam dalam pluralisme agama. Dalam skripsi ini menawarkan solusi dari kenyataan adanya berbagai kerusuhan yang timbul dari perbedaan agama yang ada di Indonesia. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana pandangan Islam tentang pluralisme agama, serta bagaimana konsep pendidikan Islam yang sesuai dengan pluralisme agama. Konsep pluralisme dalam Islam diambil dari al-Qur'an dan hadist, sehingga sesuai dengan fitrah manusia dan selalu sejalan dengan keadaan masyarakat. Adapun penelitian ini merupakan jenis penenlitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode dokumentasi berupa buku, surat kabar dan tulisan-tulisan lain yang dapat dijadikan sumber. Metode analisis data menggunakan metode deduktif dan deskripsi analitik. Islam mengakui adanya pluralisme agama karena al-Qur'an telah mengisyaratkan pluralisme secara global. Bahkan al-Qur'an menanamkan prinsip-prinsip mendasar bagi kenyataan pluralisme. Dengan demikian, maka sebagai umat muslim hendaknya menanamkan prinsip-prinsip tersebut sesuai dengan aturan yang ada. Konsep pendidikan Islam dalam pluralisme agama mencoba melakukan proses transformasi prinsip-prinsip pluralisme yang ada dalam al-Q ur'an untuk diterapkan dalam dunia pendidikan Islam. Pendidikan Islam berusaha untuk mengaktualisasikan pesan normatif agama yang tekstual dan realitas sosial yang ada. Prinsip-prinsip yang perlu dikembangkan dalam pendidikan Islam antara lain prinsip kemanusiaan dan prinsip kebebasan. Serta metode dialogis untuk memberikan kebebasan dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H.M. Rofangi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep pendikan Islam, Pluralisme Agama
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:27
Last Modified: 28 Jul 2017 03:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item