AL QISSAH AL QASIRAH IMRA'ATUN GHALABAT AL SHAYTAN LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI VOKTOR FRANKL)

SHOFA AULIA KUMALA, NIM. 10110094 (2014) AL QISSAH AL QASIRAH IMRA'ATUN GHALABAT AL SHAYTAN LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI VOKTOR FRANKL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL QISSAH AL QASIRAH IMRA'ATUN GHALABAT AL SHAYTAN LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI VOKTOR FRANKL))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL QISSAH AL QASIRAH IMRA'ATUN GHALABAT AL SHAYTAN LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI VOKTOR FRANKL))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Al-qishoh Al qoshiroh “Imroah Gholabati Syaiton li Taufik Al-Hakim (Dirasah Tahliliyah Sikulujiyaj Li Viktor Frankl) ini mengkaji tentang unsur-unsur psikologi yang terknadung dalam karya tersebut. Peneliti melakukan peneletian tersebut dengan tujuan untuk mengetahui apa saja konflik psikologi yang dialami oleh tokoh utama dalam cerpen tersebut. Karya sastra berupa cerpen seperti Imroah Gholabati Sayiton yang terdapat dalam Arinillah karya Taufik Al-Hakim merupakansalah satu bukti dari kepedulian Taufik Al-Hakim terhadap dunia piskologi yang dituangkan dalam karya sastra. Cerpen ini menggambarkan berbagai kejadian yang berupa tekanan-tekanan dan kejadian psikologis yang dialami tokoh utama “si perempuan” (Imroah). Berdasarkan uraian diatas, pendekatan psikonalisa Viktor Frankl dengan metode logoterapinya dipandang sangant tepat untk mengkaji cerpen Imroah Gholabati Syaiton karya Taufik Al-Hakim. Viktor Frankl merupakan penenmu metode logoterapi yaitu psikologi untuk menemukan makna hidup. Menurut psikologi yang dikembangkan Viktor ini terdapat tiga asaumsi dasar yaitu kebebasan berkeinginan (Freedom of Will), Keinginan akan makna ( Will of Meaning),Makna Hidup (meaning of life). Setelah itu akan dianlasis melalui faktor-faktor yang mempngaruhi kebermaknaan hidup yaitu nulai spiritual dan nilai sikap. Dengan cara analisis kepribadian di atas, dapat mengungkap gejolak-gejolak kehidupan yang dialami “si perempuan” dalam cerpen Arinillah yang mengarah pada pencarian pncarian kebermaknaan hidup. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, kebermaknaan hidup sang tokoh utama yaitu “si perempuan” dapat ditemukan melalui ketiga cara diatas yang pertama melalui kebebasan berkeinginan, hal ini terbukti bahwa si perempuan menginginkan hal-hal yang bersifat duniawi seperti kecantikan,kekayaan. Kedua melalui keinginan akan makna, dalam hal ini si perempuan merelakan dirinya untuk dibawa ke neraka jahanam demi memperoleh kenikmatan dunia, keinginan akan makna yang bersifat duniawi. Ketiga Makna hidup, yang dinginkan dalam poin ketiga ini adalah kebutuhan ruh yang belum pernah ia rasakan karena melalui kebutuhan ruh inilah kebermaknaan hidup si perempuan sangat terlihat. Setelah melakukan tiga analisis diatas peneliti menemukan kebermaknaan hidup yang sesungguhnya melalui perjalanan dalam kehkusyukan ibadahnya,yang mengarah pada nilai spiritual yang dialami tokoh utama, dan pada akhirnya si perempuan menemukan kebermaknaan hidup yang hakiki . Kata Kunci : Makna hidup, Logoterapi, Psikologi sastra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yulia Nasrul Latifi, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Makna hidup, Logoterapi, Psikologi sastra, WANITA, IMRA'AH, GHALABAT AL SHAYTAN
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Dec 2014 07:47
Last Modified: 27 Jul 2015 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum