AL SIRA' AL DAKHILIY LI ASHKHAS AL QISSAH AL BINTU WA AL ASAD LI MUHAMMAD ATIYAH AL IBRASHIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ADABIYYAH)

FARIDL HAKIM, NIM. 10110096 (2014) AL SIRA' AL DAKHILIY LI ASHKHAS AL QISSAH AL BINTU WA AL ASAD LI MUHAMMAD ATIYAH AL IBRASHIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ADABIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL SIRA' AL DAKHILIY LI ASHKHAS AL QISSAH AL BINTU WA AL ASAD LI MUHAMMAD ATIYAH AL IBRASHIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ADABIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (AL SIRA' AL DAKHILIY LI ASHKHAS AL QISSAH AL BINTU WA AL ASAD LI MUHAMMAD ATIYAH AL IBRASHIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ADABIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (660kB)

Abstract

Karya ilmiah yang berbentuk skripsi ini berjudul Ash Shira’ Ad Dhakhily Li Al Asykhas Li Qishhas Bintu Wal Assad Dalam Analisis Psikologi Sastra mengkaji sebuah cerita anak atau bisa disebut dengan Cernak karangan Muhammad Athiyah al Ibrasy. Di dalam bukunya Albert yang berjudul Psikologi Sastra menyebutkan bahwa gejalah-gejala Psikologi mempunyai banyak bentuk misalnya : rasa malu, cinta, sedih dan sebagainya. Contoh yang penulis sebutkan di atas merupakan konsep klarifikasi emosi yang diusung dalam bukunya Albert, dengan mengetahui dan mengidentifikasi masing-masingnya penulis dapat menentukan konflik batin. Sebagai tambahan penulis menambahkan pula atau menampilkan usaha-usaha tokoh dalam menyelesaikan bentuk-bentuk permasalahan yang di alami tokoh. Melalui Klarifikasi Emosi ini penulis dapat menentukan, bahwa dalam cerita tersebut terdapat konflik batin. Klarifikasi Emosi ini sangat membantu penulis dalam menganalisa sehingga penulis mendapatkan hasil. Adapun hasil yang penulis dapatkan dari analisa yang penulis lakukan meliputi dua komponen, Pertama, dalam cerita tersebut menurut hemat penulis, cerita tersebut memiliki proses konflik batin yang panjang dan memiliki tahap-tahap sehingga konflik yang dialami tokoh pun bervariasi seperti adanya rasa cinta, sedih, takut dan yang lainnya. Kedua, Meliputi usaha-usaha yang begitu luar biasa dalam menyelesaikan masalahnya. Tokoh memiliki sifat yang begitu diharapkan seperti sifat yang gigih terhadap benturan yang menimpa diri dan lingkungannya, memiliki sifat cerdas, memiliki sifat berani, penyayang, cinta dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Bachrum Bunyamin, MA
Uncontrolled Keywords: Cernak, Cerita Anak
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Dec 2014 00:56
Last Modified: 24 Jul 2015 03:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item