INTERVENSI PSIKOSOSIAL BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK) DI PROVINSI DIY

NURUL LAELIYA, NIM. 10250060 (2014) INTERVENSI PSIKOSOSIAL BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK) DI PROVINSI DIY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI PSIKOSOSIAL BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK) DI PROVINSI DIY)
10250060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI PSIKOSOSIAL BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK) DI PROVINSI DIY)
10250060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (719kB)

Abstract

Nurul Laeliya, Intervensi Psikososial Bagi Anak Korban Kekerasan Seksual (Studi Kasus Yayasan Lembaga Perlindungan Anak) Di Provinsi DIY. Skripsi Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2014. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang intervensi psikososial yang dilakukan dalam menangani anak korban kekerasan seksual di YLPA Provinsi DIY. Penelitian ini dilakukan mengingat angka korban kekerasan seksual terhadap anak dari tahun 2011 sampai tahun 2013 semakin meningkat saja dan dari tindak kekerasan seksual tersebut anak mengalami dampak yang sangat serius dan sangat berpengaruh dalam diri anak (kejiwaan) dan perilaku sosial di masyarakat. Untuk itu diperlukan intervensi psikososial dari dampak yang dialami oleh korban. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan intervensi psikososial anak korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh YLPA DIY. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode penelitian diskriptif kualitatif. Data dipilih dengan teknik purposive sampling dari psikolog, pekerja sosial, dan orang tua klien. Objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan intervensi psikososial yang dilakukan oleh YLPA DIY. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan kemudian hasil makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa YLPA di DIY di tahun 2013 menangani kasus kekerasan seksual sebanyak 33 kasus. Dari kekerasan seksual yang dialami oleh anak tersebut berdampak pada psikologis dan sosial korban. Dengan demikian YLPA memberikan intervensi psikososial yaitu suatu upaya untuk mangani kondisi psikologis dan sosial klien. Intervensi psikososial yang dilakukan oleh YLPA ini melalui prosedur penaganan masalah seperti pengaduan, identifikasi masalah, asesmen, intervensi. Dalam menjalankan intervensi, YLPA DIY menekankan pada intervensi psikologis dan intervensi soisal. Intervensi psikologis yang dilakukan YLPA DIY ini menggunakan seorang psikolog dengan memberikan penanganan berupa terapi bermain, terapi keluarga dan memberikan motivasi. Sedangkan intervensi sosial yang dilakukan YLPA DIY ini memberikan pendampingan kepada klien yang dilakukan oleh seorang pekerja sosial, selain itu pekerja sosial juga berperan sebagai broker, mediator dan fasilitator untuk anak korban kekerasan seksual. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan tentang intervensi psikososial bagi anak korban kekerasan seksual di YLPA DIY ini bahwa dalam melakukan intervensi psikososial melibatkan beberapa sumber daya manusia seperti tenaga medis, psikolog dan pekerja sosial. Intervensi psikososial bagi anak korban kekerasan seksual ini dilakukan dengan penanganan intervensi psikologis guna mengembalikan kejiwaan (psikologis) korban dari dampak tindak yang dialaminya, setelah itu barulah penanganan intervensi sosial guna mengembalikan keberfungsian klien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: intervensi, psikososial dan kekerasan seksual anak
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Dec 2014 07:19
Last Modified: 22 Oct 2015 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item