MUH SAEROZI , NIM. 943029 (2003) POLITIK PENDIDIKAN AGAMA DALAM ERA PLURALISME ( TELAAH HISTORIS ATAS KEBIJAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA KONFENSIONAL DI INDONESIA ). ["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined] thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (POLITIK PENDIDIKAN AGAMA DALAM ERA PLURALISME ( TELAAH HISTORIS ATAS KEBIJAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA KONFENSIONAL DI INDONESIA ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (POLITIK PENDIDIKAN AGAMA DALAM ERA PLURALISME ( TELAAH HISTORIS ATAS KEBIJAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA KONFENSIONAL DI INDONESIA ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
Penelitian politik pendidikan agama ini bertujuan untuk (1) menemukan pola pendidikan agama yang sedang berlangsung di Indonesia, (2) menemukan akar historisnya, dan (3) menemukan rumusan teoretik pendidikan agama yang relevan dengan realitas kemajemukan. Fokus penelitian ini berbeda dengan penelitian steenbrink. Masalah pokoknya bukan lagi mencari akar keberadaan pendidikan agama di Indonesia, tetapi mencari akar historis pola pendidikan agamanya. Perbedaan lainnya terletak pada upaya untuk memetakan kebijaksanaan pendidikan agama pada tiap-tiap penguasa kolonial di Nusantara. Hal itu juga berbeda dengan penelitian Aqib Suminto yang mengkaji politik Islam secara umum pada zaman Hindia Belanda dan berbeda dengan penelitian Ahmad Ramadhan yang mengkaji pendidikan Islam dari sudut perkembangan kelembagaan. Penelitian yang berupaya mengetahui pola pendidikan agama dan proses kristalisasinya menggunakan pendekatan sejarah. Agar pencarian maknanya relevan dengan tujuan penelitian yang sarat etik kemanusiaan, maka penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatisme meta etik. Temuan kedua, kebijaksanaan pendidikan agama konfensional mempunyai akar sejarahnya dalam kebijaksanaan segregasi fisik terhadap pemeluk agama yang dilakukan oleh penguasa-penguasa kolonial. Proses perubahannya tampak dalam penggantian kebijaksanaan segregasi fisik dengan desegregasi yang disertai pengijinan pendidikan agama di sekolah pemerintah. Temuan ketiga, kebijaksanaan Portugis dan VOC terhadap Kelompok Keyakinan Minorotas berpola dominasi. Kebijaksanaan Pemerintah Hindia Belanda berpola penerlantaran terhadap mereka. Indonesia pascamerdeka berupaya menciptakan kebijaksanaan pendidikan agama yang lebih ideal, tetapi fenomena kolonial yang mendominasi atau menelantarkan Kelompok Keyakinan Minoritas masih terjadi. Temuan keempat, Indonesia memerlukan kebijaksanaan pendidikan agama yang memberdayakan Kelompok Keyakinan Minoritas, sehingga negara bersih dari pola dominasi atau penerlantaran. Pola pemberdayaan ini diusung dari konsep “pluralisme agama konfesional”.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined]) |
---|---|
Additional Information: | Promotor : Prof. Dr. H. Noeng Muhadjir |
Uncontrolled Keywords: | Pluralisme |
Subjects: | Ilmu Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam |
Depositing User: | H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI. |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 09:02 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 09:02 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15047 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |