ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)

NURUL AINI , NIM. 10390055 (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) )
10390055_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) )
10390055_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kinerja merupakan pencapaian atas apa yang direncanakan, baik oleh pribadi maupun organisasi. Untuk memutuskan suatu badan usaha atau perusahaan memiliki kualitas yang baik maka ada dua penilaian yang paling dominan yang dapat dijadikan acuan untuk melihat badan usaha atau perusahaan tersebut telah menjalankan suatu kaidah-kaidah manajemen yang baik. Kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan, yang mencakup perbandingan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama dan mengevaluasi kecenderungan posisi keuangan perusahaan sepanjang waktu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian terapan (applied research). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah tingkat penggunaan Underwriter, Reputasi Auditor, Return on Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS) dapat berpengaruh terhadap Underpricing. Data yang digunakan adalah data sekunder dari 35 perusahaan Manufaktur yang melakukan IPO yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2010-2012. Penelitian ini menggunakan dua variabel yakni variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Underpricing sedangkan variabel independennya adalah Underwriter, Reputasi Auditor, Return on Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS). Sampel perusahaan yang diambil secara purposive dari perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO masuk di daftar efek syariah selama tahun 2010 hingga 2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari laporan keuangan tahunan dari perusahaan yang terpilih, yaitu data sekunder dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji asumsi klasik. Uji asumsi klasik terdiri dari uji Multikolinieritas, uji Heteroskedastisitas, uji Autokorelasi dan uji Normalitas. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial menunjukkan bahwa variabel Underwriter berpengaruh negatif signifikan terhadap Underpricing, dengan nilai sig. 0,027>0,05. Pada variabel Reputasi Auditor menunjukkan hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing,, dengan nilai sig. 0,819>0,05. Variabel Return on Asset (ROA) menunjukkan hasil berpengaruh positif signifikan terhadap Underpricing, dengan nilai sig. 0,009< 0,05 variabel Debt To Equity Ratio (DER) menunjukkan hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing, dengan nilai sig. 0,344>0,05. variabel Earning Per Share (EPS) menunjukkan hasil berpengaruh positif signifikan terhadap Underpricing, dengan nilai sig. 0,001> 0,05. dan koefisien beta -0,202

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. IBNU QIZAM, SE.M.Si.Akt 2. H.M. YAZID AFANDI., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Underwriter, Reputasi Auditor, Return on Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS) dan Underpricing
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Dec 2014 16:09
Last Modified: 27 Sep 2016 16:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum