FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN DANA PEMBIAYAAN SEKTOR PERTANIAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH

AHMAD YUSUP , NIM. 10390031 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN DANA PEMBIAYAAN SEKTOR PERTANIAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN DANA PEMBIAYAAN SEKTOR PERTANIAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH)
10390031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN DANA PEMBIAYAAN SEKTOR PERTANIAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH)
10390031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) adalah lembaga keuangan yang menerima simpanan uang hanya dalam bentuk deposito berjangka tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dalam bentuk itu dan menyalurkan dana sebagai usaha BPRS. Salah satu kegiatanya adalah menyalurkan pembiayaan pada sektor rill (sektor Pertanian). Hal ini BPRS sangat membantu para petani yang membutuhkan dana untuk usahanya, karena pada sektor ini masih belum banyak lembaga keuangan (khususnya yang besar) yang menyalurkan pembiayaannya untuk sektor ini. Sesuai dengan data BPS, pertumbuhan sektor pertanian ini masih di bawah sektor lainya (konsumsi). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ROA (Return On Asset), CAR (Capital Adequacy Ratio), DPK (Dana Pihak Ketiga), FDR (Financing to Deposit Ratio), dan Suku Bunga Bank Konvensional terhadap pembiayaan yang disalurkan untuk sektor pertanian. Selain itu, peneliti memfokuskan obyek penelitiannya pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia dengan periode pengamatan Januari 2011- Desember 2013. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan model regresi linear berganda. Dari hasil pengujian secara simultan menunjukkan berpengaruh secara signifikan dari variabel-variabel Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Suku Bunga bank konvensional terhadap Pembiayaan Sektor Pertanian. Secara parsial hasil analisis menyimpulkan bahwa variabel ROA (return on Asset), CAR (Capital Adequacy Ratio), dan Suku Bunga Bank Konvensional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pembiayaan sektor pertanian. Sedangkan, variabel Dana Pihak Ketiga dan FDR (Financing to Deposit Ratio) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan sektor pertanian pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. H. SYAFIQ M HANAFI, M.Ag 2. DIAN NURIYAH SOLISSA, S.H.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembiayaan sektor pertanian; ROA (Return On Asset); CAR (Capital Adequacy Ratio); DPK (Dana Pihak Ketiga); FDR (Financing to Deposit Ratio); Suku Bunga bank konvensional.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Dec 2014 16:10
Last Modified: 27 Sep 2016 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum