PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DIFABEL NETRA DI SLB-A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA

SITI KHALIMAH, NIM. 10250037 (2014) PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DIFABEL NETRA DI SLB-A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DIFABEL NETRA DI SLB-A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA)
10250037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DIFABEL NETRA DI SLB-A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) YOGYAKARTA)
10250037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Siti Khalimah, Pembentukan Perilaku Sosial Difabel Netra di SLB-A Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (YAKETUNIS) Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Difabel netra merupakan orang yang mengalami gangguan, hambatan dan kelainan pada fungsi penglihatan. Gangguan penglihatan menyebabkan difabel netra mengalami berbagai hambatan dalam melakukan aktifitas sehari-hari khususnya dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga mereka memerlukan layanan dan pelatihan khusus untuk dapat berperilaku sosial. Yaketunis sebagai yayasan yang peduli terhadap para penyandang difabel netra memberikan layanan dan pelatihan bagi difabel netra agar mereka dapat mengembangkan diri dan mengembangkan kemampuan perilaku sosial mereka terhadap lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa bagaimana proses pembentukan perilaku sosial difabel netra di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Nantinya, penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi mahasiswa khususnya yang tertarik dengan permasalahan difabel netra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan diskripsi kualitatif, dengan tujuan mendiskripsikan proses pembentukan perilaku sosial difabel netra di SLBA Yaketunis Yogyakarta secara menyeluruh. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah informan yang dapat memberikan data terkait pembentukan perilaku sosial difabel netra. sedangkan objek dalam penelitian ini adalah proses pembentukan perilaku sosial difabel netra di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara secara mendalam, observasi secara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa SLB-A Yaketunis dalam membentuk perilaku sosial difabel netra melalui beberapa metode yaitu: pertama, melalui metode pembiasaan (conditioning) yang dimaksudkan untuk melatih keberanian berperilaku dan berekspresi diri, metode pembiasaan tersebut masuk dalam serangkaian mata pelajaran Retorika Dakwah, Seni Musik, Orientasi dan Mobilitas, serta Olahraga. Kedua, melalui metode pengertian (insight) yang menekankan kepada pembentukan perilaku anti sosial menjadi perilaku prososial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perilaku Prososial, Difabel Netra, SLB-A Yaketunis
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Dec 2014 09:54
Last Modified: 22 Oct 2015 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item