PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM TINJAUAN MAZHAB GENERATIF TRANSFORMATIF NOAM CHOMSKY

VERY SETIYAWAN - NIM. 00420388 , (2008) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM TINJAUAN MAZHAB GENERATIF TRANSFORMATIF NOAM CHOMSKY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis untuk menelusuri problem pembelajaran bahasa paling mendasar yang terdapat pada paradigma teori bahasa yaitu dengan menggunakan linguistik generatif transformatif sebagai ide dasar sekaligus obyek penelitian. Penelitian ini ditujukan untuk membahas konsep linguistik generatif transformatif dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Penulis membatasi penelitian ini pada pembahasan teori standar atau teori baku linguistik generatif yang didirikan oleh Noam Chomsky. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu dokumenter dengan mencari, mengumpulkan dan menganalisis sumbersumber tertulis yang terdapat dalam buku, jurnal, majalah, website dan sumber tertulis lainnya sehingga disebut juga dengan penelitian pustaka (library research). Analisis dilakukan secara deskriptif untuk menjabarkan obyek penelitian dimulai dengan menguraikan dasar filosofis dan psikologis, konsep kebahasaan termasuk di dalamnya konsep pokok teori standar transformasi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa arab. Hasil penelitian yang diperoleh adalah linguistik generatif transformatif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Implikasi teori standar generatif transformatif terwujud dalam bentuk pendefinisian bahasa sebagai sistem yang terinternalisasi dalam diri individu pemakai bahasa sehingga pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan berbasis tata bahasa (nahwu). Pembelajaran Bahasa Arab diorientasikan untuk membentuk kompetensi komunikasi secara luas dengan tata bahasa sebagai fondasi. Pembelajar bahasa Arab diarahkan menjadi individu yang aktif dalam mengembangkan potensi bahasa yang ada pada dirinya dalam bentuk kompetensi bahasa (Kafa'ah al lughah) yang meliputi lompetensi gramatikal, sosiokultural, wacana dan strategis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Abdul Munif, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, mazhab.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item