PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAM-SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI PADA SUB MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA)

ALMAULUDATUL KAMILAH , NIM. 09680002 (2014) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAM-SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI PADA SUB MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAM-SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI PADA SUB MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) )
09680002_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS ISLAM-SAINS SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI PADA SUB MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) )
09680002_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan modul Biologiberbasis Islam-Sains sebagai bahan ajar mandiri pada sub materi pokok komponen ekosistem untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah; 2) mengetahui kualitas modul Biologi berbasis Islam-Sains yang akan dikembangkan melalui penilaian produk yang dihasilkan oleh ahli keterpaduan, ahli konten materi, ahli media, peer reviewer, dan guru Biologi; 3) mengetahui respon siswa kelas X Madrasah Aliyah terhadap modul Biologi berbasis Islam-Sains sebagai bahan ajar mandiri pada sub materi pokok Komponen Ekosistem untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan (Development). Prosedur penelitian terdiri dari tahap Analisis (Analysis), tahap Perancangan (Design), serta tahap Pengembangan (Development). Subjek penilai berjumlah 8 orang yang terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 2 guru MAN Yogyakarta III untuk mengetahui kualitas modul Biologi. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas modul untuk ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru Biologi dengan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa untuk 10 siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui tingkat kelayakan produk sesuai dengan kriteria kategori penilaian ideal dan kategori persentase keidealan. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya modul Biologi berbasis Islam-Sains pada sub materi pokok komponen ekosistem untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) yang dikembangkan dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian kualitas modul dengan kategori Sangat Baik (SB) diperoleh dari ahli keterpaduan, ahli konten materi, peer reviewer, dan guru Biologi dan kategori Baik (B) diperoleh dari ahli media. Kategori Sangat Setuju (SS) diperoleh dari hasil respon siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul Biologi berbasis Islam-Sains pada sub materi pokok komponen ekosistem yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dias Idha Pramesti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul biologi, pengembangan, komponen ekosistem, bahan ajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Dec 2014 10:03
Last Modified: 04 Mar 2016 08:34
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item