IDENTIFIKASI TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DENGAN KUNCI DETERMINASI BERBASIS FLASH SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

TRI SISKA AKMALIA , NIM. 08680053 (2014) IDENTIFIKASI TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DENGAN KUNCI DETERMINASI BERBASIS FLASH SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DENGAN KUNCI DETERMINASI BERBASIS FLASH SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
08680053_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DENGAN KUNCI DETERMINASI BERBASIS FLASH SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
08680053_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah mengembangkan media pembelajaran identifikasi tumbuhan Angiospermae dengan kunci determinasi berbasis flash untuk siswa kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran identifikasi tumbuhan Angiospermae dengan kunci determinasi berbasis flash sebagai media belajar untuk siswa kelas X SMA/MA yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan prosedural mengikuti langkah-langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan meliputi enam langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket untuk uji kualitas modul biologi dan soal pretest-postest untuk uji coba terbatas. Validasi media pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media. Penilaian kualitas modul biologi dilakukan oleh reviewer (peer reviewer dan guru) dan respon siswa SMA kelas X terhadap penggunaannya dalam pembelajaran. Uji coba terbatas untuk melihat kualitas modul yang dibuat terhadap hasil belajar siswa diuji menggunakan uji ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran biologi identifikasi tumbuhan Angiospermae dengan kunci determinasi berbasis flash yang dikembangkan dengan model pengembangan prosedural. Berdasarkan hasil penilaian para ahli (ahli materi dan ahli media), peer reviewer, guru biologi dan respon siswa, kualitas media pembelajaran biologi berbasis flash Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 92% menurut penilaian para ahli, berdasarkan penilaian peer reviewer dengan persentase penilaian 90,5%, menurut penilaian guru biologi memperoleh rata-rata persentase keidealan 81,48% dan persentase berdasarkan respon siswa 85,75% yang berarti sangat setuju (SS). Uji coba secara terbatas yang telah dilakukan terjadi peningkatan nilai posttest sehingga media pembelajaran biologi layak digunakan sebagai media belajar untuk membantu proses belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran Biologi, Tumbuhan Angiospermae, Kunci Determinasi, Berbasis Flash.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 09 Dec 2014 10:06
Last Modified: 07 Mar 2016 02:43
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item