PERAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN NILAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

AVIATUN KHUSNA , NIM. 11410190 (2014) PERAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN NILAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN NILAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410190_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN MENTORING AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN NILAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410190_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa saat ini masih terdapat kasus di dunia pendidikan seperti kasus yang berkaitan dengan pelecehan seks di sekolah, tawuran antar pelajaran, dan kasus moral. Pendidikan agama sebagai bagian dari pendidikan nasional berperan membawa arah pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, namun pendidikan agama lebih berkonsentrasi pada persoalan teoritis keagamaan yang bersifat kognitif dan kurang concern terhadap bagaimana mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi “makna” dan “nilai” yang perlu diinternalisasikan dalam diri peserta didik pada semua ranah pembelajaran, yang tercakup dalam bentuk prestasi belajar. Perlu adanya kegiatan yang bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai agama untuk mengembangkan intelektual, keterampilan dan perilaku peserta didik kearah positif. Ada kegiatan khusus yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Yogyakarta guna menanamkan nilai-nilai agama pada peserta didiknya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan Mentoring Agama Islam, bagaimana peran Mentoring Agama Islam terhadap pendidikan nilai pada peserta didik, dan bagaimana peran nilai-nilai dalam Mentoring Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait pelaksanaan kegiatan mentoring agama Islam yang didalamnya terdapat nilai-nilai untuk menginternalisasikan dalam bentuk intelektual, keterampilan dan perilaku yang tercakup dalam prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan di verifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan kegiatan mentoring agama Islam dilakukan secara rutin setiap hari Jum’at dengan mentor yang sudah diseleksi oleh pihak sekolah. Dalam kegiatan mentoring terdapat tujuan yang hendak dicapai, peran dan fungsi mentoring, materi-materi keislaman, metode-metode yang diterapkan oleh mentor ketika menyampaikan materi, dan evaluasi dari kegiatan mentoring yang sudah dilaksanakan. (2) Nilai-nilai yang diajarkan dalam mentoring agama Islam di SMA Negeri 1 Yogyakarta mencakup nilai instrumental dan nilai terminal, nilai intrinsik (Nilai Keteladanan dari Mentor, Nilai Kejujuran , Nilai Kreatifitas, Nilai Budi Pekerti Luhur) dan ekstrinsik (Nilai Ukhuwah Islamiyah, Nilai Kepekaan terhadap Lingkungan sekitar, Nilai Kedisiplinan, Nilai Kepemimpinan), nilai personal dan sosial, dan nilai subyektif dan nilai obyektif. Nilai-nilai tersebut terbukti menjadikan peserta didik terbiasa melakukan hal-hal positif yang dapat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. (3) Nilai-nilai dalam mentoring agama Islam berperan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Yogyakarta pada semua ranah pembelajaran (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Pada ranah kognitif dan psikomotorik dapat terlihat dari rata-rata nilai rapor peserta didik yang mendapatkan nilai 9. Intelektual peserta didik yang bagus, berimplikasi terhadap sikap dan tingkah laku (afeksi) keseharian mereka untuk mengamalkan ajaran agama Islam dan berperilaku baik terhadap lingkungan sekitar Tidak mengherankan jika SMA Negeri 1 Yogyakarta yang notabene merupakan sekolah umum sering memenangkan lomba-lomba di bidang keagamaan dari dalam provinsi maupun di luar provinsi Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Agama Islam,Pendidikan Nilai, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Dec 2014 10:12
Last Modified: 02 Aug 2017 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum