PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DI UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

DEPI PUTRI , NIM. 1220010031 (2014) PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DI UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DI UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA)
1220010031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DI UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA)
1220010031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PKH merupakan program Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) dan perlindungan sosial yang termasuk dalam klaster pertama strategi penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Program ini sudah mampu menjawab kebutuhan dan akses masyarakat miskin terhadap kesehatan dan pendidikan yang masih sulit diperoleh, khususnya oleh RTSM/KSM di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pelaksanaan PKH bagi keluarga RTSM/KSM di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta (2) mengetahui efektifitas PKH ini dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil dan pendidikan anak. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dirancang untuk mengumpulkan data dan informasi secara mendalam tentang peserta PKH. di Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta DIY. Informan dipilih secara purposif dan bukan pada jumlah yang banyak atau acak melainkan lebih pada keterwakilan masalah dan keterhandalan informasi dan observasi terhadap tujuh peserta PKH sebagai informan. Teknik Analisa Data menggunakan (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik peserta PKH berusia produktif, kualitas pendidikan formal rendah, menganut sistem keluarga besar, dengan kondisi hunian rumah kurang layak, kondisi ekonomi kurang yang ditandai penghasilan rendah; (2) 100% peserta PKH di Kecamatan Umbulharjo adalah RTSM/KSM. (3) 42,86% kondisi keluarga peserta PKH di Kecamatan Umbulharjo berada di bawah Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) DIY tahun 2014 sebab dalam keluarga RTSM/KSM yang menjadi tulang punggung keluarga adalah perempuan (57.14%); (4) pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Umbulharjo merupakan salah satu program yang efektif dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil, kesehatan keluarga RTSM/KSM, mengurangi beban hidup, dan meningkatkan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Program Keluarga Harapan, kesehatan, pendidikan, kemiskinan.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2014 13:45
Last Modified: 16 Apr 2015 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum