PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang)

ZAMRONI AKHMAD - NIM. 02471184, (2008) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di Mts YAJRI Desa Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, 2) Mengetahui upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang, 3) Mengetahui teknik-teknik supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan naturalistik atau sering disebut juga dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu yang berdimensi jamak, utuh/merupakan kesatuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain:Teknik individu yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, yaitu kunjungan kelas dan juga pertemuan individu yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan guru di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang, khususnya guru Pendidikan Agama Islam Sebagai hasil penelitian ini adalah supervisor pendidikan dapat memainkan peran yang penting, zntara lain membantu sekolah melakukan evaluasi diri untuk menemukan dan mengenali kelemahan dan kelebihannya, tantangan yang dihadapi dan peluang yang ada. Kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola program peningkatan mutu pendidikan, mulai dari proses perancangan kegiatan, pelaksana dan pemantauan serta evaluasi hasil program tersebut. Jika pelaksanaan pengawasan secara prosedural sudah sesuai dengan konsep dan dasar supervisi / inspeksi yang ada, maka implikasinya pada pendidikan akan menghasilkan mutu pendidikan dan akhirnya tercipta pendidikan bermutu. Selanjutnya penelitian skripsi ini diharapkan dapat memberikan Memberikan kontribusi kognitif bagi perkembangan wacana mengenai supervisi pendidikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengawas sekolah pada umumnya demi terselenggaranya pendidikan yang lebih bermutu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b DR. Abdurrahman Assegaf, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, supervisor pendidikan.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item