ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)

MUHAMMAD WANTO , NIM. 1220310014 (2014) ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA))
1220310014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA))
1220310014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perbankan syariah merupakan bagian dari entitas syariah yang berfungsi sebagai lembaga intermediary keuangan diharapkan dapat menampilkan dirinya secara baik dibandingkan dengan perbankan dengan sistem yang lain yakni perbankan yang berbasis bunga. Gambaran tentang baik buruknya suatu perbankan syariah dapat dikenali melalui kinerjanya yang tergambar dalam laporan keuangan. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia dikatakan cukup baik dimana profitabilitas Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) mengalami peningkatan. Selama tahun 2012 laba BUS dan UUS tumbuh 72,3% menjadi Rp2,5 triliun. Dari sisi tingkat pengembalian aset, peningkatan laba tersebut berdampak pada kenaikan ROA dari 1,8% pada tahun 2011 menjadi 2,1% pada tahun 2012. Laba yang diperoleh perusahaan untuk tahun yang akan datang tidak dapat dipastikan, maka perlu adanya suatu prediksi perubahan laba. Perubahan laba akan berpengaruh terhadap keputusan investasi para investor dan calon investor yang akan menanamkan modalnya ke dalam perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empiris kemampuan rasio keuangan yang diproksikan kedalam Capital Adequacy Ratio (CAR), Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin/Net Operating Margin (NIM/NOM), Quick Ratio (QR) dan Fixed Asset Turnover (FAT) berpengaruh terhadap perubahan laba (PLABA) Bank Umum Syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia dan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dimana perbankan syariah dalam kurun waktu penelitian sudah menjadi Bank Umum Syariah dan yang mempublikasikan laporan keuangan triwulanan selama periode tahun 2007 sampai tahun 2013. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedatisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, artinya hak ini menujukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model regresi data panel metode fixed effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio keuangan yang terdiri atas tujuh variabel secara simultan berpengaruh terhadap perubahan laba, sekitar 40,3%. Secara parsial, dari tujuh variabel tersebut terdapat tiga variabel yang mempengaruhi secara signifikan terhadap perubahan laba, yaitu BOPO, NIM/NOM dan QR sedangkan CAR, FDR, NPF dan FAT tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Masih ada sekitar 59,7% variabel lain selain delapan variabel rasio keuangan tersebut yang dapat mempengaruhi perubahan laba pada Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Akhsyim Afandi, M.A. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Rasio Keuangan (CAR, FDR, NPF, BOPO, NIM/NOM, QR, FAT), Perubahan Laba, Bank Umum Syariah.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2014 18:37
Last Modified: 21 Apr 2015 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum