PENANGANAN KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) BADAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (BKBPMPP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA 2012-2014

SIDIQ AULIA , NIM. 1220310032 (2014) PENANGANAN KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) BADAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (BKBPMPP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA 2012-2014. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) BADAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (BKBPMPP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA 2012-2014)
1220310032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) BADAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (BKBPMPP) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA 2012-2014)
1220310032_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagai salah satu bagian dari kajian hukum Keluarga Islam memiliki keunikan tersendiri. Sebelum munculnya Undang-undang No. 23 tahun 2004 tentang Pengahapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU-PKDRT), masalah ini kebanyakan diselesaikan melalui jalur pidana atau menjadi perkara perceraian di wilayah Pengadilan Agama. Namun, seiring tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat atas peliknya masalah ini, mekanisme penyelesaian KDRT saat ini mengalami perubahan, terutama dalam hal pendampingan terhadap korban KDRT. Banyak aktifis dan institusi negara yang akhirnya turun tangan untuk memberikan perhatian, khususnya dalam memberikan hak-hak korban kekerasan agar tidak menjadi masalah yang lebih besar, sebagai contoh upaya Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPMPP) dalam penanganan kasus KDRT di Kabupaten Sleman Yogyakarta 2012-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh). Sedangkan data-data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara langsung dengan pihak BKBPMPP, terutama terkait dengan bagaimana penanganan kasus KDRT di Sleman pada kurun waktu 2012-2014. Sementara itu, sifat penelitian ini adalah preskriptifanalitis dengan pendekatan yuridis-normatif-sosiologis dengan menjadikan model deduktif-iduktif sebagai kerangka berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya tingkat KDRT didominasi pada kekerasan yang berbentuk penelantaran, terutama menimpa perempuan dan anak di wilayah Sleman secara umum, dan peristiwa ini dirasakan oleh BKBPMPP mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Sedangkan faktorfaktor penyebab kasus KDRT di Sleman antara lain berupa faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal di antaranya disebabkan oleh ketimpangan dalam relasi keluarga yang juga diperparah oleh faktor lainnya seperti faktor lingkungan agama dan budaya permisif, sedangkan faktor internal biasanya disebabkan oleh lemahnya manjamen emosi para pelaku kekerasan ketika menyelesaikan masalah-masalah di dalam keluarga. Adapun perlindungan dan pendampingan yang telah diberikan kepada setiap korban KDRT, terutama perempuan dan anak, pada dasarnya merupakan bentuk perwujudan kemaslahatan yang bersifat d}aru>riyat; yaitu sesuatu yang harus ada untuk tegaknya kehidupan manusia. Kebutuhan-kebutuhan yang bersifat primer bagi korban KDRT seperti perlindungan hukum, bantuan kesehatan hingga reintegrasi sosial bagi korban merupakan bentuk-bentuk upaya yang relevan dengan konsep kemaslahatan primer tersebut, terutama berkaitan dengan menjaga jiwa (an-nafs) dan keturunan (an-nasl).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Samsul Hadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: KDRT, Sleman, Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPMPP)
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2014 18:41
Last Modified: 21 Apr 2015 16:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum