BISNIS HOTEL SYARIAH SOLO BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF NO. 2 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN HOTEL SYARIAH DI INDONESIA

ROZIKAN , NIM. 1220310058 (2014) BISNIS HOTEL SYARIAH SOLO BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF NO. 2 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN HOTEL SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( BISNIS HOTEL SYARIAH SOLO BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF NO. 2 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN HOTEL SYARIAH DI INDONESIA )
1220310058_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( BISNIS HOTEL SYARIAH SOLO BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF NO. 2 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN HOTEL SYARIAH DI INDONESIA )
1220310058_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya taraf Ekonomi Masyarakat Indonesia Pada umumnya memunculkan persaiangan Bisnis yang signifikan. Persaiangan Bisnis tersebut terjadi dari berbagai jenis macam bisnis, mulai dari binis yang berupa kretifitas, jasa dan Pariwisata. Bisnis-bisnis tersebut pada saat ini banyak sekali menggunakan label syariah. Label Syariah pada aktifitas bisnis pada saat ini seolah menjadi trend dan banyak diminati oleh masyarakt. Bisnis syariah berkembang seiiring dengan berkembangnya Lembaga Keuangan Syariah. Salah satu bisnis yang banyak dan bersaing menggunakan label syariah adalah Hotel Syariah. Bisnis Hotel yang pada saat ini banyak mendapat Klaim negatif pada masyarakt umunya, Bisnis hotel syariah menawarkan jaminan kualitas baik dan halal. kesadaran Masyarkat Muslim tentang fitrahnya sebagai manusia ini mendorong persaingan bisnis bahwa seorang muslim ketika melakukan muamalah harus dengan cara yang baik dan halal. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kesesuaian Bisnis Hotel Syariah Solo dalam mengggunakan Label Syariah. penelitian dilakukan dengan menggunakan standar Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang penyelenggaraan hotel Syarariah di Indonesia. Penelitian ini mengambil sampel Hotel Syariah Solo sebagai objek penelitian dikarenakan Hotel Syariah Solo merupakan Hotel Syariah terbesar di Indonesia dan murni syariah.Selain itu juga Hotel Syariah Solo merupakan Hotel satu-satunya yang layak dan bisa diteliti dengan standar Peraturan menteri terebut. Peraturan menteri tersebut mengatur tentang standarisasi Hotel Syariah yang terdiri dari Penggolongan, penilaian dan pengawasan. Goolongan Hotel Syariah didebutkan meiliki 2 (dua) golongan yaitu Hotel Syariah Hilal I (satu) dan Hotel Syariah Hilal II. Penilaian dan penggolonga tersebut meliputi fasilias yang trersedia di Hotel Styariah. Kreteria tersebut ada yang bersifat mutlak dan tidak mutlak. Penelitian bersifat lapangan dan dilakukan dengan cara wawancara dengan general manager Hotel Syariah Solo untuk mendapatkan seluruh data yang diperlukan. Data di uraikan dengan deskriptif analisis. Hasil Penelitian ditemukan bahwa Hotel Syariah Solo merupakan Hotel Syariah golongan I (satu) dan merupakan Hotel berbintang 4 (empat). Penggolongan tersebut belum resmi mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Usaha dan Majelis Ulma Indonesia. Sertifikasi dari LSU dan MUI masih dalam proses, akan tetapi standar yang ditetapkan masing-masing lembaga resmi tersebut sudah memenuhi kreteia yang telah ditetapkan. Hotel Syraiah Solo mempunyai kekurangan yang harus di penuhi dalam hal Pengawaan. Struktur Dewan Pengawas Syariah yang belum tercantum pada bagan organisasi Hotel Syariah Solo dapat menjadiakn keraguan implementai syariah di hotel Syariah Solo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag, M.Ag
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Dec 2014 18:45
Last Modified: 21 Apr 2015 16:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum