STUDI PEMBINAAN REMAJA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR (KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBINAAN REMAJA PADA SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR)

PUTHUT WASKITO , NIM. 1120411017 (2014) STUDI PEMBINAAN REMAJA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR (KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBINAAN REMAJA PADA SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI PEMBINAAN REMAJA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR (KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBINAAN REMAJA PADA SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR))
1120411017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI PEMBINAAN REMAJA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR (KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBINAAN REMAJA PADA SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR))
1120411017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

STUDI PEMBINAAN REMAJA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR (Konsep dan Implementasi Pembinaan Remaja Pada Santri Usia 17-21 Tahun di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur) Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan penulis terhadap kejadiankejadian dekadensi moral seperti kecurangan akademik; tawuran pelajar; perusakan fasilitas umum oleh genk motor remaja; pergaulan bebas dikalangan remaja; penggunaan narkoba dikalangan remaja; dan pesta miras dikalangan remaja yang menghiasai baik di media cetak, elektronik, maupun online. Karena itu, penulis perlu mengkaji konsep pembinaan remaja sebagai bentuk upaya untuk mengikis kejadiankejadian dekadensi moral yang dilakukan oleh remaja di Indonesia. Sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan konsep pembinaan remaja yang ideal maka penulis memilih Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur sebagai role model pembinaan remaja. Alasannya adalah Gontor merupakan salah satu lembaga pondok pesantren modern yang memiliki kepentingan atas pembinaan kaum muda; peserta didik di Gontor berasal dari berbagai daerah yang beragam; Gontor telah mengadakan berbagai perbaikan dan pembaharuan dalam pembinaan remaja; komitmen Gontor dalam pembinaan kaum muda; dan pembinaan remaja di Gontor dilakukan melalui jalur pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Metode pengumpulan datanya adalah in dept interviews, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis isi menurut Miles & Huberman. Uji Keabsahan datanya adalah member checking dan peer debriefing. Hasil penelitian ini adalah 1) Konsep pembinaan santri di Pondok Gontor meliputi dua indikator utama yaitu pertama, penanaman nilai-nilai pondok pesantren yang terdiri dari penanaman pancajiwa dan pembentukan pribadi santri yang berkarakter dengan empat sifat utama, kedua, mengajarkan pemikiran dan gagasan pendiri Pondok melalui empat belas program pembinaan remaja diantaranya seperti pembinaan akhlak, mental, dan kemasyarakatan; 2) Implementasi pembinaan santri direalisasikan dengan melakukan penanaman nilai-nilai pondok pesantren dan melakukan berbagai program pembinaan akhlak; pembinaan mental skill; belajar bermasyarakat; bimbingan untuk menghadapi masa depan dan lain sebagainya; 3) Permasalahan pembinaan remaja yang dialami di Pondok Gontor yaitu: permasalahan yang dialami oleh santri dan permasalahan yang dialami oleh pembina 4) Solusi yang diberikan dalam implementasi pembinaan santri di Pondok Gontor yaitu solusi yang diberikan bagi permasalahan remaja dan solusi bagi permasalah pembina.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Bearmawy Munthe, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dekadensi Moral, Pembinaan Remaja, Pondok Modern Darussalam Gontor.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 08:11
Last Modified: 29 Apr 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum