STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

DEDIK FATKUL ANWAR , NIM. 1220411215 (2014) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1220411215_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKAN DI MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1220411215_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DEDIK FATKUL ANWAR. 2014. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing. Dr. Sabarudin, M. Ag. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seiring dengan semakin menjamurnya sekolah berbasis boarding school dewasa ini menunjukkan bahwa persaingan antar lembaga semakin kompetitif. Meskipun sekolah model boarding school menunjukkan perkembangan yang signifikan, namun animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta tidak semakin surut. Bahkan sebagaimana data yang peneliti peroleh, dari tahun ke tahun jumlah pendaftar di Muallimin semakin meningkat. Melihat fenomena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang strategi pemasaran jasa pendidikan di Muallimin dalam meningkatkan peminat layanan pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sasarannya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses pemasaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif, kritis, dan sistesis. Kemudian untuk memperdalam hasil penelitian peneliti juga menggunakan teknis analisis SWOT. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap tentang strategi pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan peminat layanan pendidikan di Madrasah Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan Muallimin untuk meningkatkan peminat layanan jasa pendidikan menggunakan dua cara, yaitu: (a) Pemasaran secara langsung, yaitu; Pemanfaatan Information Technology (IT), Media Cetak, dan Elektronik; Mengirim brosur ke PDM dan PWM; Profil Muallimin dalam bentuk Video, (b) Pemasaran secara tidak langsung, yaitu; Optimalisasi kegiatan madrasah di masyarakat; Peran Santri, Orang Tua Santri, dan Alumni; Melalui Profil Alumni; Melalui kiprah para ustadz dan karyawan di masyarakat; Memiliki daya tarik dan gagasan yang kuat. Kedua, implementasi pemasaran di Muallimin adalah (a) Merumuskan strategi persaingan; yaitu dengan melakukan identifikasi segmentasi pasar, targetting, dan juga positioning; (b) Membuat taktik pemasaran, yaitu dengan menonjolkan differensiasi (keberbedaan positif) Muallimin dengan lembaga lain; menerapkan teori bauran pemasaran dengan cara menawarkan produk-produk berkualitas dari Muallimin, menerapkan harga yang bersaing dengan lembaga lain, menonjolkan letak geografis Muallimin yang sangat strategis, dan juga melakukan langkah-langkah promosi; (c) Menunjukkan nilai lebih dari Muallimin, yaitu dengan menunjukkan brand yang dimiliki Muallimin; memberikan service yang baik; serta melakukan proses pembinaan yang berkualitas. Ketiga, faktor pendukung nya adalah; Muallimin adalah sekolah yang langsung berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, memiliki segmen yang jelas, kepercayaan masyarakat dan alumni masih tergolong tinggi, Muallimin berada di lokasi yang sangat strategis, dan faktor penghambat; tidak memiliki TIM khusus promosi, Muallimin belum memiliki konsep yang sistematis dalam hal pemasaran jasa pendidikan, tidak ada evaluasi sebagai bahan perbaikan dalam menyusun strategi tahun selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabaruddin, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi, Pemasaran, Jasa Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 08:17
Last Modified: 24 Apr 2015 17:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum