LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI MASALAH PENERIMAAN DIRI LESBIAN DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN FEMINIS

SUNHIYAH , NIM. 1220410254 (2014) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI MASALAH PENERIMAAN DIRI LESBIAN DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN FEMINIS. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI MASALAH PENERIMAAN DIRI LESBIAN DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN FEMINIS )
1220410254_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI MASALAH PENERIMAAN DIRI LESBIAN DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN FEMINIS )
1220410254_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Judul Tesis :Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Masalah Penerimaan Diri Lesbian di Surabaya dengan Pendekatan Feminis Penulis : Sunhiyah, S.Ag. (1220410254) Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender/Transeksual, Interseks dan Queer (LGBTIQ) secara umum dan lesbian secara khusus mengalami tekanan-tekanan psikologis, teologis dan sosial karena identitias gender dan orientasi seksualnya. Mereka membutuhkan tempat yang aman dan nyaman yang dapat melindungi kondisi dan keberadaan mereka ditengah irrasionalitas heteronormativitas yang menggiring mereka pada posisi yang tertindas dan diskriminatif sehingga mereka mengalami ketidakadilan, kekerasan, stigma yang tanpa henti pada lingkungan pendidikan maupun sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persoalan-persoalan khususnya masalah penerimaan diri lesbian dan layanan bimbingan dan konseling terhadap persoalan-persoalan itu. Dengan pendekatan konseling feminis, diharapkan dapat mengurangi masalah penerimaan diri lesbian sekaligus dapat meningkatkan keberdayaan dan penguatan terhadap mereka. Subjek penelitian ini 4 lesbian yang berusia 19 – 24 tahun dengan pertimbangan untuk mengeksplorasi pengalaman-pengalaman mereka selama dibangku sekolah. Informan kunci dalam penelitian psikolog dan pendamping komunitas sebagai pemberi layanan bimbingan dan konseling kepada lesbian di Surabaya dan beberapa orang lesbian yang berada di komunitas lesbian di Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah obserbasi, wawancara, dan focus group discussion. Analisis data dilakukan selama proses penelitian dilaksanakan dengan menggunakan triangulasi data dan penelusuran data secara teliti dan rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah-masalah lesbian di Surabaya : 1. Penerimaan diri, 2. Masalah dengan orang tua (lesbian takut orang tuanya mengetahui identitas seksualnya dan konflik dengan orang tua yang mengetahui anaknya lesbian), 3. Relasi dan Percintaan, 4. Kekerasan, 5. Masalah pribadi. Masalah penerimaan diri menjadi masalah utama yang ditandai dengan kecemasan, rendah diri dan rasa takut orang lain akan mengetahui dan mengucilkan mereka. Pendamping komunitas dan Psikolog memberi layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan pendekatan konseling feminis dalam menangani masalah penerimaan diri lesbian ini karena dengan konseling feminis ini memiliki konsep keadilan gender dan menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia, nilai-nilai keberagaman, kesetaraan dan nilai filosofi The Personal Is Political (pribadi itu adalah politik). Nilai-nilai ini terkandung dalam teori feminisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Casmini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :feminisme, konseling, penerimaandiri, lesbian
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 08:53
Last Modified: 29 Apr 2015 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum