PROFESIONALISME GURU-GURU PAI PASCA SERTIFIKASI (STUDI KASUS GURU PAI MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP)

SYIFAUN NIKMAH , NIM. 1220410207 (2014) PROFESIONALISME GURU-GURU PAI PASCA SERTIFIKASI (STUDI KASUS GURU PAI MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU-GURU PAI PASCA SERTIFIKASI (STUDI KASUS GURU PAI MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP))
1220410207_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU-GURU PAI PASCA SERTIFIKASI (STUDI KASUS GURU PAI MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN CILACAP))
1220410207_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Profesionalisme Guru-guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di Madrasah Aliyah Kabupaten Cilacap” ditulis oleh Syifaun Nikmah S.Pd.I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi PAI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Reaktualisasi pendidikan Islam itu merupakan suatu keharusan yang mutlak diwujudkan sebagai prasyarat penting untuk menciptakan sumber daya manusia muslim yang cerdas, kreatif, komitmen terhadap Islam serta berakhlakul-karimah. Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam adalah gambaran atau derajat keprofesionalan setiap guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara optimal, efektif dan efisien. Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan untuk setiap warga negara, dengan tujuan tercapainya mutu pendidikan tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui peningkatan kinerja guru melalui sertifikasi, dasar utama pelaksanaan sertifikasi adalah Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) yang disahkan tanggal 20 Desember 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang:1) Mengetahui keadaan Profesionalisme Guru-guru PAI sebelum sertifikasi.2) Mendeskripsikan keadaan Profesionalisme Guru-guru PAI pasca sertifikasi.3) Menganalisis faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Profesionalisme guru-guru PAI pasca sertifikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dan uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Profesionalisme guru-guru PAI sebelum sertifikasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru-guru PAI di Kabupaten Cilacap masih monoton, hal tersebut terlihat bahwasannya tingkat profesionalisme kinerja guru masih kurang. Hal tersebut juga disebabkan karena tidak sedikit guru-guru belum dapat mengoprasionalkan media pembelajaran sehingga sarana dan prasarana yang ada belum dapat dimanfaatkan serta pembelajaran cenderung menggunakan metode lama. Kemudian Profesionalisme guru-guru PAI pasca sertifikasi sudah cukup efektif dalam meningkatkan profesionalismenya yang dipersiapkan melalui pemanfaatan media pembelajaran. Guruguru PAI juga lebih variatif dalam menerapkan strategi dan metode pembelajaran dan guru telah membagi waktu pembelajaran secara profesioanal serta mampu mengoperasionalkan media pembelajaran, rancangan pelaksanaan pengajaran lengkap serta peningkatan pengembangan profesionalisme guru secara maksimal. Adapun faktor pendukung dan penghambat adalah Faktor Internal: Meluruskan niat, Memperbaiki motifasi, Memiliki keahlian (kompetensi), Memiliki rasa tanggungjawab. Yang kedua adalah factor eksternal: Kebijakan pemerintah dibidang pendidikan, Organisasi dan kode etik, Keterbatasan sarana dan prasarana, Tingkat kesejahteraan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabaruddin M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sertifikasi, Profesionalisme Guru-guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 08:55
Last Modified: 29 Apr 2015 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum