KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KECAMATANSUBAH, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH

FARIDATUL AINIYAH , NIM. 1220410081 (2014) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KECAMATANSUBAH, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KECAMATANSUBAH, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH)
1220410081_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KECAMATANSUBAH, KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH)
1220410081_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)

Abstract

Guru atau pendidik adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru adalah figur manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan. Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kemampuan pedagogik harus dipunyai guru. Karena itu merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana membimbing anak, bagaimana pendidik berhadapan dengan anak didik, apa tugas pendidik dalam mendidik anak, apa yang menjadi tujuan mendidik anak. Pedagogik merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif mengembangkan konsep-konsep mengenai hakekat manusia, hakekat anak, hakekat tujuan pendidikan serta hakekat proses pendidikan. Setelah melakukan penelitian dengan metode field research, penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasi bagaimana kompetensi pedagogik Guru Bahasa Arab, apakah kompetensi tersebut mempengaruhi peningkatnya motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam, Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah, kabupaten Batang, Jawa Tengah.Kemudian data dipaparkan dan dianalisis dalam bentuk kualitatif agar dapat memberikan deskripsi yang terinci terkait hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik mempunyai peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu Dari empat aspek kompetensi pedagogik yaitu, pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, walaupun belum semua guru di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Kemiri Timur memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Hal tersebut terlihat dari proses belajar mengajar bahasa arab yang masih kurang aktif. Guru belum mampu menciptakan interaksi yang baik dengan para murid, khususnya dalam berdialog dengan menggunakan bahasa arab. Selain itu, media pembelajaran yang digunakanpun masih tergolong monoton, sehingga murid mudah merasa jenuh dan kurang tertarik dengan pembelajaran Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. maksudin, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:08
Last Modified: 28 Apr 2015 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum