IMPLEMENTASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM TUAN GURU HAJI MUHAMMAD NAJMUDDIN MAKMUN DI DARUL MUHAJIRIN PRAYA LOMBOK TENGAH

SAPIUDDIN, NIM. 1220410034 (2014) IMPLEMENTASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM TUAN GURU HAJI MUHAMMAD NAJMUDDIN MAKMUN DI DARUL MUHAJIRIN PRAYA LOMBOK TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM TUAN GURU HAJI MUHAMMAD NAJMUDDIN MAKMUN DI DARUL MUHAJIRIN PRAYA LOMBOK TENGAH)
1220410034_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM TUAN GURU HAJI MUHAMMAD NAJMUDDIN MAKMUN DI DARUL MUHAJIRIN PRAYA LOMBOK TENGAH)
1220410034_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)

Abstract

Sapiuddin, Implementasi Pemikiran Pendidikan Islam Tuan Guru Haji Muhammad Najmuddin Makmun Di Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah. Tesis . (Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negri (UIN) Sunan Kalijaga), 2014. Tesis yang berjudul “Implementasi Pemikiran Pendidikan Islam Tuan Guru Haji Muhammad Najmuddin Makmun Di Darul Muhajirin Praya Lombok Tengah” ini dibuat sebagai kajian tokoh dan penelitian lapangan. Penelitian ini berangkat dari kondisi sosial masyarakat, kondisi keagamaan, kondisi politik, dan kondisi pendidikan di Pulau Lombok khususnya Lombok Tengah pada saat itu masih terbelakang dari segala bidang terutama bidang ilmu pengetahuan. Untuk mengatasi hal tersebut muncullah pemikiran pendidikan Islam Najmuddin Makmun untuk mendirikan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemikiran Najamuddin Makmun tentang pendidikan Islam, dan mengetahui implementasi pemikiran pendidikan Islam Najmuddin Makmun sudah diterapkan dengan baik dengan tidak merubah keasliannya ataukah sudah mengalami perubahan di Darul Muhajirin Praya. Penelitian ini merupakan gabungan jenis penelitian kepustakaan (Library research) dengan penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosio historis, sedangkan teori yang digunakan teori pendidikan Islam sebagai suatu sistem. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari telaah buku-buku karya TGH. M. Najmuddin Makmun. Adapun data sekunder diambil dari karya-karya orang lain tentang TGH. M. Najmuddin Makmun dan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Conten Analisys dan melalui reduksi data (data reduction, sajian data (data display), dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa elmen penting dari pemikiran pendidikan Islam TGH. M Najmuddin Makmun yang diantaranya berkaitan dengan pendidikan tauhid, kriteria pendidik dan etika peserta didik, dan pembaharuan pendidika Islam. Adapun hasil analisis implementasi pemikiran pendidikan Islam Najmuddin Makmun dapat dikatakan telah diterapkan dengan tidak mengatakan semua pemikirannya di Darul Muhajirin Praya. Ini dapat di lihat dari komponen-komponen pendidikan Darul Muhajirin, yaitu tujuan pendidikan, pendidik dan peserta didik, materi kurikulm pendidikan, dan metode pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Maragustam Siregar, M.A. dan Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemikiran Pendidikan Islam TGH. M Najmuddin Makmun, dan Darul Muhajirin Praya
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:19
Last Modified: 12 Apr 2015 12:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum