MANAJEMEN STRATEGI PENGASUH RUMAH TAHFIDZ KIAI MAROGAN DALAM MEMBANGUN GENERASI PENGHAFAL AL-QUR’AN (KERTAPATI, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN)

MIFTAHUL HADI , NIM. 1220410051 (2014) MANAJEMEN STRATEGI PENGASUH RUMAH TAHFIDZ KIAI MAROGAN DALAM MEMBANGUN GENERASI PENGHAFAL AL-QUR’AN (KERTAPATI, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI PENGASUH RUMAH TAHFIDZ KIAI MAROGAN DALAM MEMBANGUN GENERASI PENGHAFAL AL-QUR’AN (KERTAPATI, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN))
1220410051_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI PENGASUH RUMAH TAHFIDZ KIAI MAROGAN DALAM MEMBANGUN GENERASI PENGHAFAL AL-QUR’AN (KERTAPATI, PALEMBANG, SUMATERA SELATAN))
1220410051_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MIFTAHUL HADI. Manajemen Strategi Pengasuh Rumah Tahfidz Kiai Marogan dalam Upaya Membangun Generasi Penghafal Al-Qur’an (Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan). Tesis . Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yoyakarta. Al-Qur‟an adalah pegangan hidup setiap manusia muslim, jika seorang muslim dapat memanfaaatkan (mempelajari) Al-Qur`an terlebih dahulu, maka pintu ketenangan akan selalu terbuka. Kebahagiaan seorang muslim terletak pada sejauhmana dia mempelajari dan memahami Al-Qur‟an dan hidup bersamanya (membaca, merenungkan makna dari ayat ke ayat, mengamalkan, atau menghafalnya). Salah satu lembaga yang giat membangun generasi penghafal Al- Qur`an adalah Rumah Tahfiz Kiai Marogan yang berusaha menepis anggapan bahwa menghafal al-Qur`an itu susah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran yang jelas tentang: (1) bagaimanakah penyusunan Manajemen strategi pengasuh Rumah Tahfidz Kiai Marogan Palembang dalam upaya membangun generasi penghafal Al-Qur`an? (2) bagaimanakah hasil yang telah dicapai oleh pengasuh Rumah Tahfidz Kiai Marogan? (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dimiliki pengasuh Rumah Tahfidz Kiai Marogan Palembang dalam upaya membangun generasi penghafal Al-Qur`an? Penelitian ini digali melalui pendekatan kualitatif deskriptif, hal ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifatsifat populasi atau objek tertentu. Prosedur penelitiannya melalui tahapan, pertama pengumpulan data menggunakan multi metode, yakni Wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun pengolahan dan analisis data dengan menggunakan teori manajemen strategi Fred R. David yaitu: (1) perumusan strategi (2) implementasi strategi dan (3) evaluasi strategi. Kegiatan tahfidz Al-Qur‟an yang diselenggarakan Rumah Tahfidz Kiai Marogan Palembang ini merupakan kegiatan pokok yang berupa bimbingan, pembinaaan, pengarahan, pengajaran serta penilaian dari segi hafalan dan tartil dalam membaca Al-Qur‟an dalam mencapai tigkat hafal Al-Quran 30 juz dalam usia anakanak. Pengasuh juga memanfaatkan media dalam memasyarakatkan nilai-nilai Qur‟ani ke masyarakat, mulai dari koran, majalah, televisi, maupu lewat ceramah melalui mimbar dan acara-acara seremonial lainnya, serta tidak lupa memanfaatkan jejaring sosial untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Hal ini menjadi lebih efektif dan dapat pula memperluas jangkauan audiens dalam membangun generasi sahabat Qur‟ani dibandingkan cara-cara tradisional yang biasanya hanya melalui ceramah-ceramah melalui mimbar saja sehingga dakwah untuk mencari dan menumbuhkan bibit generasi penghafal Al-Qur‟an bisa terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 09:39
Last Modified: 29 Apr 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15129

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum