ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA OPAC DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS DI PERPUSTAKAAN STAIN SALATIGA

ITMAMUDIN , NIM. 10.242.033 (2014) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA OPAC DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS DI PERPUSTAKAAN STAIN SALATIGA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA OPAC DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS DI PERPUSTAKAAN STAIN SALATIGA)
FILE 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA OPAC DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS DI PERPUSTAKAAN STAIN SALATIGA)
FILE 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul analisis kepuasan pengguna opac dan dampaknya terhadap loyalitas di Perpustakaan STAIN Salatiga, dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pengguna OPAC ditinjau dari 5 (lima) aspek content (isi), accuracy (keakuratan), ease (kemudahan), format (bentuk), timeliness (ketepatan waktu) dan pengaruhnya terhadap loyalitas pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan suatu fenomena, sehingga data yang dihasilkan berupa data deskriptif, ucapan, tulisan dan perilaku dari sasaran itu sendiri. Teknik pengambilan sampel menggunakan Snowballing sampling pada 3 (tiga) orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi yaitu menganalisis dengan cara mengkomparasikan data wawancara dengan data observasi untuk kemudian disimpulkan. Setelah mendapatkan hasil penelitian awal berupa kepuasan pengguna, kemudian peneliti melakukan wawancara dan observasi lanjutan untuk mendapatkan data mengenai loyalitas pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna OPAC pada sistem informasi perpustakaan SIPRUS belum puas terhadap OPAC dari sisi content (isi), accuracy (keakuratan), ease (kemudahan), format (bentuk), timeliness (ketepatan waktu) dalam menyajikan data kepada pengguna. Meskipun pengguna tidak puas dengan OPAC, namun tidak berdampak pada loyalitas mereka untuk tetap menggunakan OPAC sebagai salah satu sarana yang ada di perpustakaan untuk melakukan penelusuran. Dari hasil tersebut peneliti berharap kepada istitusi pengguna sistem ini untuk menyempurnakan sistem tersebut apabila akan terus digunakan sebagai sistem informasi di perpustakaan, namun jika tidak maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pijakan untuk menggunakan sistem yang lain yang lebih baik dari sistem yang sudah ada. Kemudian bagi pengembang, peneliti berharap hasil penelitian ini dijadikan dasar untuk terus mengembangkan sistem ini agar semakin sempurna dan semakin baik sehingga dapat terus digunakan oleh para pengguna sistem.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kepuasan pengguna akhir, sistem informasi perpustakaan, OPAC (Online Public Acces Catalog), loyalitas pengguna
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 13:13
Last Modified: 08 Mar 2024 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum