IMPLEMENTASI MEDIA BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

DESTY PRASETYANINGTYAS, NIM. 11420108 (2014) IMPLEMENTASI MEDIA BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420108_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420108_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DESTY PRASETYANINGTYAS (11420108), Implementasi Media Braille dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Braille sebagai alat bantu atau sarana dalam pembelajaran bahasa Arab bagi para tunanetra dan mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat jalannya pembelajaran. Sebagai mata pelajaran wajib yang diajarkan di madrasah, bahasa Arab juga diberikan kepada siswa tunanetra di MTs Yaketunis tanpa pengucualian baik tuntutan penguasaan materi maupun metode penilian yang digunakan. Diharapkan, keberadaan media Braille sebagai sarana yang membantu dalam pembelajaran, dapat terimplementasikan dengan baik. Sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pada tahun ajaran 2014/2015, Siswa kelas VIII MTs Yaketunis berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 3 siswa kelas VIII A dan 3 siswa kelas VIII B. Pelaksanaan pengajaran di Madrasah ini berlangsung sebagaimana pelaksanaan pengajaran bahasa Arab di Madrasah yang lain. Untuk membantu proses belajar dalam pelajaran bahasa Arab, sekolah memiliki kebijakan, yaitu adanya mata pelajaran lain yang disebut dengan Qowa‟idul Imla‟. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran bahasa Arab dengan media Braille di kelas VIII MTs Yaketunis sudah terimplementasikan dengan baik. Sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal ini didukung oleh beberapa faktor yaitu, adanya guru yang menguasai dalam bidangnya, adanya mata pelajaran Qowa‟idul Imla‟, serta adanya kegiatan TPA (Taman Pendidikan al-Qur‟an) di luar madrasah. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu perbedaan latar belakang pendidikan siswa, kesulitan siswa dalam membedakan harakat di akhir kata, serta belum tersedianya sumber belajar dalam bentuk tulisan Braille. Seperti perbedaan latar belakang pendidikan peserta didik, yang pada umumnya tidak berasal dari SD LB Yaketunis, sehingga mereka sedikit mengalami kesulitan dalam penguasaan bacatulis Braille, namun hal ini dapat teratasi dengan keberadaan mata pelajaran tambahan yaitu Qowa‟idul Imla‟ serta adanya kegiatan TPA dalam asrama Yaketunis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H.Ahmad Rodli M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Braille, Media Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Dec 2014 13:18
Last Modified: 28 Jul 2017 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum