PENERAPAN METODE RESOLUSI KONFLIK DALAM PEMBELAJARAN P AI DI KELAS V B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

AMBAR SUBEKTI , NIM. 10416045 (2014) PENERAPAN METODE RESOLUSI KONFLIK DALAM PEMBELAJARAN P AI DI KELAS V B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGJAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE RESOLUSI KONFLIK DALAM PEMBELAJARAN P AI DI KELAS V B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
FILE 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE RESOLUSI KONFLIK DALAM PEMBELAJARAN P AI DI KELAS V B SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
FILE 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

AMBAR SUBEKTI. Penerapan Metode Resolusi Konflik dalam Pembelajaran PAl di kelas VB SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap peserta didik seharusnya dapat merasakan kenyamanan dalam menjalankan proses belajar di kelas. Tetapi akhirakhir ini banyak ditemukan kekerasan yang terjadi antar peserta didik. Adanya kesalah-pahaman yang belum dimengerti para peserta didik menjadi konflik diantara peserta didik di kelas maupun sekolah. Untuk mengetahui konflik dan cara menyelesaikannya, perlu adanya metode resolusi konflik untuk mengatasi konflik tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Yang menjadi permasalahan di sini, bagaimana penerapan metode resolusi konflik dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan resolusi konflik di kelas VB SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode resolusi konflik serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode resolusi konflik di kelas VB SDIT Salsabbila 3 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut diambil kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode resolusi konflik yang dilaksankan di kelas VB SDIT Salsabila 3 Banguntapan yaitu dengan cara identifikasi konflik yang terjadi antara peserta didik. Setelah mengetahui konflik yang terjadi, guru pengampu PAl membentuk counter block atau kelompok untuk menjadikan peserta didik membaur dengan yang lain. Lalu dimulailah proses bercerita, cerita ini berupa cerita penokohan yang berisi nilai-nilai yang dapt membangkitkan semangat motivasi peserta didik untuk meningkatkan ukhuwah dan rasa persaudaraan antar sesamanya. Dan dari mendengarkan tersebut peserta didik lebih dapat mengambil inti dari cerita dan dapat menyelesaikan konfliknya dengan baik. Suasana pembelajaran pun berjalan normal kembali tanpa adanya konflik dan kesalah-pahaman yang terjadi. (2) hasil penelitian ini secara umum berimplikasi pada proses social peserta didik dan secara khusus berimplikasi pada pembelajaran PAl di Sekolah Dasar dalam berbagai aspek (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan resolusi konflik ini yaitu jika dilihat dari segi pendukungnya, para peserta didik lebih dapat mengerti dan dapat bekerjasama dalam penyelesaian yang dilakukan. Peserta didik juga lebih dapat menerima masukan yang diberikan oleh para pendidik. Tetapi dalam faktor penghambatnya, terdapat konflik atau masalah yang terjadi antar pelajar tidak dikarenakan materi yang diberikan, tetapi karena permasalahn prbadi yang dialami peserta didik itu sendiri. Jadi penerapan resolusi konflik yang dilakukan terkadang tidak sesuai dengan sub materi yang diajarkan dalam pembelajaran P AI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Dec 2014 09:15
Last Modified: 02 Aug 2017 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum