MODEL PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SDIT LUQMAN AL HAKIM

KHOLIDAH , NIM. 1220411123 (2014) MODEL PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SDIT LUQMAN AL HAKIM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MODEL PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SDIT LUQMAN AL HAKIM )
1220411123_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( MODEL PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SDIT LUQMAN AL HAKIM )
1220411123_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Kholidah.Model Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SDIT Luqman AL Hakim . Tesis. Jurusan Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Dr. H. Maksudin, M.Ag. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode dalam memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data dengan menggunakan reduksi data, karena pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SDIT Luqman AL Hakim . penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Model pembentukan kepribadian muslim dilakukan di SDIT Luqman Al Hakim adalah melalui (a) Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (b) program pembiasaan dan budaya sekolah (program-program yang dapat membantu menanamkan nilai-nilai Islam kepadasiswa), (c) keteladanan, (d) mutaba'ah ibadah dan akhlakul karimah, serta (e) program mentoring. Selain itu juga terdapat upaya-upaya Sekolah dalam membentuk kepribadian muslim seperti dari 1).guru; lebih konsisten dalam melaksanakan tugas yang diberikan dari sekolah,; Adanya persamaan sikap dan kesungguhan antara guru yang satu dengan yang lainnya dalam menanamkan nilai-nilai PAI kepada siswa; mengadakan pengajian kepada masing-masing guru, hal ini berfungsi untuk menambah wawasan guru dan kontroling masing-masing guru.2) siswa; adanya pembinaan yang intensif terhadap anak-anak yang memiliki karakter berbeda dengan yang lainnya.3). Sarana Prasarana; Sekolah melakukan peningkatan dalam sarana-prasarana yaitu dengan dibangunnya indoor, yang berfungsi sebagai tempat shalat, yang digunakan jama‟ah putri pada waktu shala tdhuhur dan sholat asar; Dipasangnya kata-kata mutiara yang berisi tentang hadits dan ayat-ayat Al-Qur‟an.4) Orang tua; Sekolah mengadakan pertemuan komite paralel; pertemuan komite kelas/ POMG (Pertemuan Orang tuaMurid dan Guru); Mengaktifkan buku komunikasi dan buku mutaba‟ah, yang berfungsi sebagai penghubung antara orang tua dan guru. 5) Dalam lingkungan sekolah; memberikan tambahan materi tsaqofah Islam secara kesempatan kepada siswa untuk terbiasa menyampaikan pendapat dengan senantiasa disertai argumentasi dan disandarkan dengan dalil dalam pembentukan kepribadian islam dengan pembentukan pribadi melalui mentoring sekolah, mabit, baksos idul adha dan pesantren ramadhan; Menyediakan bacaan pendudukung beberap amajalah atau buku yang bernuansa Islam guna meningkatkan wawasansiswa dan memberikan gambaran perkembangan situasi; Menciptakan lingkungan yang Islami di lingkup sekolah, yaitu dengan mengondisikan lingkungan sekolah termasuk interaksi di dalamnya dikondisikan bernuansa keagamaan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model pembentukan, kepribadianmuslim, SDIT Luqman Al Hakim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jan 2015 08:20
Last Modified: 28 Apr 2015 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum