PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

IRMA RUSITA, NIM. 08680026 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
08680026_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
08680026_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pengaruh model Jigsaw berbasis praktikum untuk meningktakan motivasi belajar siswa kelas XB SMA UII Yogyakarta pada sub materi pokok Arthropoda. 2) Mengetahui pengaruh model Jigsaw berbasis praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XB SMA UII Yogyakarta pada sub materi pokok Arthropoda. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian kelas XB SMA UII Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi siswa diperoleh melalui pengisian angket motivasi belajar sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui lembar soal pre test dan post test. Analisis data untuk motivasi belajar siswa diperoleh menggunakan analisis kualitatif deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan effect size, yaitu selisih antara rata-rata post test siklus I dengan rata-rata post test siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XB SMA UII Yogyakarta. Keterlaksanaan pembelajaran Biologi melalui penerapan model Jigsaw berbasis praktikum ditunjukkan oleh persentase hasil tanggapan siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 70,06% dan pada siklus I menjadi 80,4 % pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 10,3% dari siklus I. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari adanya peningkatan nilai post-test Siklus I ke Siklus II sebesar 8,1. Dari selisih rata-rata ini didapatkan nilai effect size d cohen sebesar 0,7 dan termasuk dalam efek sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, praktikum, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Dec 2014 09:50
Last Modified: 07 Mar 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum