PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA-AL MUTA’ALLIM KARYA K.H.HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI

ABDUL QODIR , NIM.10416044 (2014) PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA-AL MUTA’ALLIM KARYA K.H.HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA-AL MUTA’ALLIM KARYA K.H.HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI)
FILE 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA-AL MUTA’ALLIM KARYA K.H.HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI)
FILE 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, pendidikan lebih mementingkan masalah yang bersifat materi dan ilmu pengetahuan daripada etika, akhlak dan moral. Tingginya dekadensi moral mencerminkan adanya krisis akhlak pada peserta didik. Pendidikan seharusnya dapat menyentuh berbagai aspek yaitu jasmani, rohani, mental, moral, psikis dan fisik. Jika tidak, maka pendidikan tak ubahnya seperti pengajaran. Melihat problematika pendidikan, khususnya akhlak di kalangan peserta didik di atas, maka penulis ingin membahas lebih jauh tentang masalah akhlak dengan menyelami lebih jauh konsep pemikiran akhlak KH. Hasyim Asy’ari, yaitu seorang ulama besar Indonesia yang banyak memberikan sumbangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang pendidikan Islam. Konsep akhlak KH. Hasyim Asy’ari dirasa dapat menjawab masalah akhlak tersebut, meskipun ada beberapa hal yang perlu dicermati kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran akhlak peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari dan relevansinya terhadap pembelajaran PAI saat ini. Berdasarkan jenisnya, skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif analitis di mana datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui riset kepustakaan. Dalam pengumpulan data, terdapat dua macam yaitu data primer dan sekunder.Data Primer, yaitu data utama dan penting yang sangat dibutuhkan dalam penelitian. Data tersebut adalah data yang telah tertuang dalam bentuk tulisan, yakni kitab Adabul Alim Wa Al Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari. Sedangkan data Sekunder, yaitu data yang berupa bahan pustaka yang memiliki kajian yang sama yang dihasilkan oleh pemikir lain. Metode analisis yang digunakan penulis adalah metode interpretasi untuk mengungkapkan esensi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang akhlak peserta didik, yaitu dengan metode deduksi yang kemudian dapat ditarik kesimpulan. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya konsep akhlak peserta didik menurut KH. Hasyim Asy’ari lebih menekankan pada pemberdayaan hati akhlak menuntut ilmu dengan niat lillahi ta’ala,akhlak terhadap guru,teman,buku atau kitab serta akhlak terhadap pelajaran. Hal ini relevan terhadap pembelajaran PAI saat ini yang merindukanpeserta didik yang berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr.H.Tasman Hamami
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Al alim Wa Almuta’allim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Dec 2014 10:25
Last Modified: 02 Aug 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item