IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI INTERNAL DI REDAKSI MAJALAH FAHMA YOGYAKARTA(DITINJAU DARI ALIRAN INFORMASI DALAM ORGANISASI)

BUDI SANTOSO - NIM. 03210089 , (2008) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI INTERNAL DI REDAKSI MAJALAH FAHMA YOGYAKARTA(DITINJAU DARI ALIRAN INFORMASI DALAM ORGANISASI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI INTERNAL DI REDAKSI MAJALAH FAHMA YOGYAKARTA(DITINJAU DARI ALIRAN INFORMASI DALAM ORGANISASI))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI INTERNAL DI REDAKSI MAJALAH FAHMA YOGYAKARTA(DITINJAU DARI ALIRAN INFORMASI DALAM ORGANISASI))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul Implementasi Komunikasi Organisasi Internal Di Redaksi Majalah Fahma Yogyakarta (Ditinjau Dari Aliran Informasi Dalam Organisasi) ini merupakan penelitian lapangan yang menekankan permasalahan pada komunikasi internal di redaksi majalah Fahma Yogyakarta. Melalaui penelitian ini maka dapat kita ketahui hal-hal yang berkenaan dengan komunikasi internal. Di redaksi majalah Fahma Yogyakarta aliran komunikasi dari pimpinan perusahaan sampai kepada karyawan dan staf redaksi terjadi secara dua tahap yaitu: secara serentak dan berurutan. Penyebaran informasi secara serentak yaitu apabila semua anggota perusahaan menerima informasi dari pimpinan perusahaan atau dari atasan masing-masing dalam waktu yang bersamaan. Maksudnya adalah penyebaran informasi yang dilakukan secara bersama dan pesan tersebut harus tiba dibeberapa tempat yang berbeda pada saat yang sama. Contohnya: undangan rapat melalui SMS, rapat rutin redaksi. Penyebaran informasi secara berururtan yaitu penyebaran informasi meliputi perluasan bentuk penyebaran pesan atau informasi secara serentak, informasi mengalir dari pimpinan sampai kepada bawahan. Contohnya: laporan keadaan perusahaan, instruksi dari pimpinan. Di redaksi majalah Fahma selain aliran informasi yang akan kita ketahui juga akan dibahas arah aliran informasi dari pimpinan perusahaan sampai kepada karyawan dan staf redaksi yang terjadi, yaitu: komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas dan komunikasi horizontal. Komunikasi ke bawah yang terjadi maksudnya yaitu informasi mengalir dari jabatan yang berotoritas lebih tinggi kepada jabatan yang otoritasnya lebih rendah. Contohnya: pimpinan redaksi memberikan tugas kepada wartawan ketika rapat redaksi. Komunikasi ke atas yang terjadi maksudnya yaitu informasi mengalir dari jabatan yang berotoritas lebih rendah kepada mereka yang memiliki jabatan yang berotoritas lebih tinggi. Contohnya: karyawan memberikan masukan ide dan gagasan kepada pimpinan redaksi. Komunikasi horizontal yang terjadi maksudnya penyampaian informasi diantara rekan dalam unit kerja yang sama. Contohnya: bagian desain mengadakan rapat dengan bagian pemasaran tentang desain sampul majalah. Dari beberapa hal diatas maka nantinya kita dapat mengatahui secara jelas tentang terjadinya komunikasi internal di redaksi majalah Fahma Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Drs. H.M. Kholili, M. Si., Pembimbing II : M. Zamroni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi, redaksi majalah Fahma
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2012 14:19
Last Modified: 27 Dec 2016 01:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item View Item