IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DAERAH (PD) BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BANK PASAR KULON PROGO MELALUI PROGRAM ONE VILLAGE ONE SISTER COMPANY (OVOC) DI DESA SIDOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA

HAJI ARI DARISMAN , NIM. 10250001 (2015) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DAERAH (PD) BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BANK PASAR KULON PROGO MELALUI PROGRAM ONE VILLAGE ONE SISTER COMPANY (OVOC) DI DESA SIDOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DAERAH (PD) BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BANK PASAR KULON PROGO MELALUI PROGRAM ONE VILLAGE ONE SISTER COMPANY (OVOC) DI DESA SIDOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA )
10250001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DAERAH (PD) BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BANK PASAR KULON PROGO MELALUI PROGRAM ONE VILLAGE ONE SISTER COMPANY (OVOC) DI DESA SIDOHARJO, SAMIGALUH, KULON PROGO, YOGYAKARTA )
10250001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (897kB)

Abstract

Di tengah perkembangan era modernitas saat ini melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan hal yang penting bagi pelaku bisnis. Selain etika dalam berbisnis juga salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan yang lebih menjanjikan bagi perusahaan. PD. BPR Bank Pasar Kulon Progo memiliki komitemen untuk melaksanakan CSR. Komitmen tersebut kemudian diwujudkan dengan terlibat dalam program OVOC yang dilaksanakan di desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo Yogyakarta dan merupakan perusahaan pertama yang melaksanakan program ini diantara 17 perusahaan yang tergabung. OVOC merupakan program yang dirancang untuk mengentaskan kemiskinan di Kulon Progo dengan mengoptimalkan potensi desa binaan dan memberikan bantuan yang sifatnya jangka pendek dan jangka panjang. Skripsi ini menjelaskan bagaimana implementasi CSR PD. BPR Bank Pasar Kulon progo melalui program OVOC? Apa dampak yang diperoleh masyarakat dari program OVOC di desa Sidoharjo? Apa hambatan yang dirasakan dan ditemui dalam melaksanakan program OVOC di desa Sidoharjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada sekrtearis dan anggota CSR PD. BPR Bank Pasar Kulon Progo, aparat desa Sidoharjo, penerima manfaat program, dan masyarakat Sidoharjo. Tekhnik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi CSR melalui program OVOC dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni engagement, assessment, plant of action, action and facilitation, evaluation and termination or reformation. Dampak dari adanya program OVOC dapat dilihat dari beberapa bidang yaitu: Dampak ekonomi, adanya bantuan alat industri bisa meningkatkan produksi yang lebih berkualitas, dengan anakan kambing masyarakat memiliki tabungan untuk masa depan, pasar murah bisa memberikan pelayanan yang terjangkau oleh keadaan ekonomi masyarakat Sidoharjo. Dampak sosial, perusahaan ikut turut serta memajukan kegiatan penduduk yaitu membantu untuk melengkapi peralatan ibadah, membantu memudahkan akses jalan untuk masyarakat dengan program pengerasan jalan. Hambatan dalam melaksanakan OVOC di Desa Sidoharjo. Setidaknya hambatan dalam pelaksanaan OVOC dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Internal, tidak ada divisi khusus, tidak ada tenaga ahli yang professional dalam hal pemberdayaan, tidak ada panduan dalam melaksanakan program OVOC, anggaran CSR turun setiap satu tahun sekali. Eksternal, lokasi yang jauh dan medan yang curam untuk menuju kesana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Asep Jahidin, M.Si
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Jan 2015 04:18
Last Modified: 19 Oct 2015 03:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item