PERAN PEMBERDAYAAN OLEH DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PEDAGANG ANGKRINGAN DI JALAN BANTUL KABUPATEN BANTUL

ZAMZANI , NIM. 11250019 (2015) PERAN PEMBERDAYAAN OLEH DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PEDAGANG ANGKRINGAN DI JALAN BANTUL KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERAN PEMBERDAYAAN OLEH DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PEDAGANG ANGKRINGAN DI JALAN BANTUL KABUPATEN BANTUL )
file 1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text ( PERAN PEMBERDAYAAN OLEH DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK PEDAGANG ANGKRINGAN DI JALAN BANTUL KABUPATEN BANTUL )
file 2.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (224kB)

Abstract

Hidup dalam kondisi sejahtera merupakan harapan, keinginan, dambaan setiap manusia yang terlahir dimuka bumi ini. Pada umumnya, sejahtera merupakan suatu kondisi yang terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dasar yang berupa sandang, pangan dan papan. Ketiga kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, agar keberfungsian sosialnya bisa berfungsi dengan baik. Namun dewasa ini masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera dan hidup dalam keadaan miskin. Subtansi kemiskinan ialah, belum terpenuhinya kebutuhan dasar yang berupa sandang, pangan dan papan. Kemiskinan memang merupakan masalah yang krusial di bangsa ini, ketidakberdayaan masyarakat miskin dalam menyikapi pertumbuhan ekonomi global akan mengakibatkan meraka semakin termarginalisasi dari kehidupan perekonomian. Oleh karena itu, meningkatkan community empowerment pada masyarakat miskin atau pedagang angkringan (warung beres) akan sangat membantu mereka dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri mereka untuk mewujudkan tingkat kesejahteraan yang memadai. Pemberdayaan yang di lakukan oleh Dompet Dhuafa ialah, dengan pemberian modal berupa barang-barang dasar kebutuhan angkringan (warung beres) seperti, terpal, gelas, piring, sendok, tempat makanan, tempat sampah, ember, dan lain-lain. Selanjutnya akan ada pembekalan pembuatan pangan bersih, yang mana pada pembekalan ini Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM, dan Dompet Dhuafa memberi pembekalan manajemen angkringan dan keuangan, serta melakukan pendampingan, baik pendampingan secara individu maupun kelompok. Hasil pemberdayaan yang di lakukan oleh Dompet Dhuafa terhadap pedagang angkringan ialah, meningkatnya pendapatan para pedagang, tumbuhnya mental para pedagang dalam bersaing di bidang kuliner, para pedagang angkringan mampu mengelola angkrigan dengan baik, juga mampu memenejemen keuangan mereka dengan rapi, dengan demikian pemberdayaan yang di laksanakan oleh Dompet Dhuafa ini memberikan nilai-nilai positif terhadap para pedagang angkringan, dan membantu mereka dalam pencapaian hidup yang lebih baik serta sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mokh. Nazili, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kuci : Pemberdayaan, Kemiskinan, Kesejahteraan dan Warung Beres (angkringan) .
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Jan 2015 04:22
Last Modified: 19 Oct 2015 03:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

View Item View Item