PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD SYAFII MAARIF

ENDAH AYUNINGTYAS A. , NIM. 1120410027 (2015) PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD SYAFII MAARIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD SYAFII MAARIF)
1120410027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD SYAFII MAARIF)
1120410027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)

Abstract

Endah Ayuningtyas A., PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD SYAFII MAARIF, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2014. Dalam rangka mengontrol serta mengevaluasi pelaksanaan pendidikan Islam di lapangan dibutuhkan kajian secara kontinu dan berkualitas mengenai konsepkonsep pendidikan yang digali melalui berbagai sumber. Maka kajian penelitian pemikiran Ahmad Syafii Maarif (ASM) mengenai konsep-konsep pendidikan Islam adalah dalam rangka mewujudkan usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konstruksi pemikiran pendidikan Islam Ahmad Syafii Maarif dan relevansinya terhadap praktek pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi khazanah keilmuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan/ literatur (library/ literature research) dengan pendekatan filosofis. Dimana data dikumpulkan dari buku-buku, jurnal, artikel, dan sumber-sumber lain yang terkait dengan penelitian ini. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara sebagai cross check peneliti dalam menginterpretasikan dan menganalisa data yang kurang dapat dipahamai maksudnya. Sedangkan tehnik analisa yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) konstruksi pemikiran ASM mengenai pendidikan Islam dalam karya-karyanya terdiri dari hakikat manusia yaitu pertama, makluk yang seimbang dan otonom; kedua, berakal; ketiga, wajib beramal shaleh; keempat, makhluk yang beragama; dan kelima, memiliki etika. Pandangannya tentang hakikat pendidikan menuntut implementasi pendidikan integratif. Tujuan pendidikan adalah mewujudkan manusia beriman yang memiliki keunggulan intektual melalui penyatuan kebudayaan dzikr dan fikr (refleksi dan penalaran), kaya dalam amal serta anggun dalam moral dan kebajikan (hikmah). Pendidik seharusnya memiliki intelektualitas yang unggul, kurikulum pendidikan Islam haruslah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam dan pandangan tentang pendidikan itu sendiri, sedangkan metode pendidikan Islam yang ditawarkan adalah metode kritis (memadukan refleksi dan penalaran). Berdasarkan konstruk pemikiran pendidikan ASM yang telah diuraikan, secara umum hakikat pemikiran pendidikan Islam ASM dapat diklasifikasikan menjadi humanis, kritis, idealis, dan religius. 2) Dari beberapa pemikiran pendidikan ASM tersebut, dipahami bahwasannya sangat relevan terhadap praktek pendidikan Islam di Indonesia dan sangat urgent untuk diimplementasikan. Diharapkan dengan berpijak pada pandangan-pandangan filosofis ASM mengenai konsep pendidikan Islam yang humanis, kritis, idealis, dan religius dapat memperkuat kerangka filosofis dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendidikan Islam, Pemikiran/ konsep, Ahmad Syafii Maarif.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2015 08:07
Last Modified: 06 Apr 2015 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum