FRAME PEMBERITAAN DI MAJALAH PARAS TENTANG INFOTAINMENT

DJULIYAH - NIM. 03210091, (2008) FRAME PEMBERITAAN DI MAJALAH PARAS TENTANG INFOTAINMENT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FRAME PEMBERITAAN DI MAJALAH PARAS TENTANG INFOTAINMENT)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview
[img] Text (FRAME PEMBERITAAN DI MAJALAH PARAS TENTANG INFOTAINMENT)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)

Abstract

ABSTRAK Pada perkembangan media yang akan datang, media tidak hanya meneguhkan pada persoalan-persoalan yang bersifat ideal, akan tetapi media lebih menekankan pada fungsi hiburan informasi saja, dikemas sedemikian rupa agar layak dikonsumsi oleh masyarakat, termasuk didalamnya program infotainment. Infotainment termasuk produk jurnalistik karena intinya adalah informasi atau seputar dunia hiburan yakni informasi tentang artis/aktor dan subyek dunia hiburan lainnya termasuk tempat-tempat hiburan. Karena berisi berita atau informasi seputar public figure yang banyak penggemar (fans). Infotaiment yang penuh gosip tentang kehidupan selebriti menjadi perdebatan dalam masyarakat umum, ada yang menuding produk infotainment adalah salah satu bentuk karya yang tidak bermoral karena mengangkat karya aib orang lain kepada umum, tapi tidak sedikit pula yang berfikir sebaliknya, bahwa infotainment berusaha mengkaji realita yang bisa dipetik hikmahnya dalam kehidupan orang lain. Frame pemberitaan di majalah Paras tentang infotainment, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimanakah sebuah media massa, dalam hal ini majalah Paras membingkai pemberitaan tentang infotainment. Penelitian ini merupakan penelitian analisis tek media, dengan mengunakan Framing Robert N Entman. Mengunakan Pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis framing secara sederhana dapat di gambarkan sebagai analisis untuk mengetahui bagaimana realitas (peristiwa aktor, kelompok atau apa saja). Subyek penelitian majalah Paras Edisi 43-45 yang terbit pada bulan April sampai Juni. Pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dengan pengolahan data sebagai berikut, inventarisasi, kategorisasi dan anasslisis data. Analisis yang di gunakan model Robert N Entman. Dengan elemen yang pertama, identifikasi masalah, kedua identifikasi penyebab masalah, ketiga evaluasi moral, empat saran penangulangan masalah. Infotainment yang penuh gosip tentang kehidupan selebriti menjadi perdebatan dalam masyarakat umum, ada yang menuding produk infotainment adalah salah satu produk yang tidak bermoral karena mengangkat karya aib orang lain kepada umum, tapi tidak sedikit pula yang berpikir sebaliknya, bahwa infotainment berusaha mengkaji realita yang bisa di petik hikmah dalam kehidupan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa majalah Paras tidak terdapat infotainment dalam kategori ghibah karena rubrik sampul paras menampilkan rublik figure tentang proses perjalanan kesuksesannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs Hamdan Daulay,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Frame pemberitaan, majalah paras, infotainment
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 25 Jun 2012 09:36
Last Modified: 27 Dec 2016 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item