PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO

EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I. , NIM. 1220420014 (2015) PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO)
1. TESIS EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I - PRA BAB - BAB I - BAB V - DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO)
2. TESIS EKA MAHARGIANI ROKHMA, S.Pd.I - BAB II - BAB III - BAB IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

EKA MAHARGIANI ROKHMA. “Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajran Sains Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Bego”. Tesis, Yogyakarta : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh pendekatan CTL dalam pembelajaran sains terhadap motivasi belajar siswa kelas V; 2). Mengetahui pengaruh pendekatan CTL dalam belajar sains terhadap prestasi belajar siswa, dan 3). Membandingkan keefektifan antara pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional dilihat dari aspek motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan desain pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian dua kelas yaitu siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan sempel penelitian dua kelas yaitu Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes yaitu angket motivasi belajar dan instrumen tes yaitu instrumen prestasi belajar sains, untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan CTL terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test dan untuk mengetahui perbandingan keefektifan pendekatan CTL dan konvensional data analisis dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pembelajaran sains dengan pendekatan CTL berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan perolehan t hitung sebesar 9,591, lebih besar dari t tabel 2,056, 2). Pembelajaran sains dengan pendekatan CTL juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Ma’arif Bego dengan perolehan t hitung sebesar 7,832 dan 3). Pendekatan CTL lebih efektif dibanding pendekatan konvensional dilihat dari aspek motivasi belajar mapun prestasi belajar siswa, dengan perolehan t hitung sebesar 4,141 dengan perbedaan rata-rata sebesar 5,852 untuk aspek motivasi belajar siswa, dan t hitung sebesar 2,670 dan perbedaan rata-rata sebesar 5,926 untuk aspek prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran sangan disarankan, karena pendekatan ini terbukti mampu membangkitkan kelesuan siswa terhadap pembelajaran sains sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : DR.M. Jafar Lutfi, M.si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jan 2015 01:45
Last Modified: 02 Apr 2015 03:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item