EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2013/2014

NITA LISTIYANI , NIM. 10680016 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2013/2014)
10680016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2013/2014)
10680016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X MA Ali Maksum tahun ajaran 2013/2014 (2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X MA Ali Maksum tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu, variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan variabel terikat yaitu keaktifan dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ali Maksum. Teknik pengambilan data menggunakan pretest, posttest, dan lembar observasi tentang keaktifan belajar siswa. Hasil uji normalitas menggunakan SPSS 21.0 menunjukkan data penelitian ini berdistribusi tidak normal. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney sedangkan keaktifan belajar siswa diuji dengan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney U data keaktifan siswa mempunyai nilai p (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000 lebih kecil 0,05 (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi pada kelas eksperimen, hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney dengan sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifiksi (0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay two Stray efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray, keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jan 2015 08:08
Last Modified: 07 Mar 2016 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum