PENGEMBANGAN KURIKULUM SISTEM "FULL DAY SCHOOL" UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

ZAINAL ARIFIN, 19800324 200912 I 002 (2012) PENGEMBANGAN KURIKULUM SISTEM "FULL DAY SCHOOL" UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. PENGEMBANGAN KURIKULUM.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM SISTEM \'FULL DAY SCHOOL" UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
ZAINAL ARIFIN - PENGEMBANGAN KURIKULUM SISTEM.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Pcngembangan madrasah dimaknai sebagai proses atau cara rnenjadikan madrasah siap menghadapi globalisasi agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan yang lain. Pada umumnya kualitas madrasah masih relatif kalah dibandingkan dengan kualitas pendidikan di sekolah. Di samping itu, munculnya gerakan pengembangan dan pembaharuan lembaga pcndidikan Islam dari masyarakat muslim Indonesia seperti munculnya sekolah-sckolah Islam terpadu mulai da1i TK IT hingga SMA IT menjadikan madrasah semakin terhimpit oleh persamgan 1m. Oleh karena itu, penting bagi madrasah untuk mcl akukan pengembangan kurikulum sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan madrasah agar tidak tertinggal da11 ditinggal oleh kemajuan ilmu pengetalnrnn dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui lebih mendalam tentang konsep si stern '•full day school .. di Ml Sultan Agung Yogyakarta, (2) untuk mef1getahui pelaksanaan pengembangan kurikulum sistem •' full day school" Ji Ml Sultan Agung Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, (3) untuk. mengctahui foktor penJukung dan pengham bJt cl a lam pebksrnrn ::rn pengembangan kurikulum sistem "full day school" di \Il l Sultan Agung Y ogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian tentang pelaksanaan pengembangan kurikulum sistem " full day school" di MI Sultan Agung Yogyakarta. Teknik pengumpulan data adalah ( l) observasi partisipatif aktif; (2) wawancara mendalam; dan (3) studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan memberikan intepretasi/kesimpulan. Hasil penelitian: (I) Konsep pendidikan sistem .. full day schoor• di MI Sultan Agung menekankan pada perubahan jam pembelajaran (mulai pernbelajaran jam 06.30-15.00 WIB) dan pengernbangan kegiatan ekstrakurikuler berbasis l({e skill dan pembiasaan diri. Perubahan sistem .fidl day di Ml Sultan Agung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah dan memenuhi minat atau kebutuhan peserta didik dan masyarakat. (2). Pengembangan kurikulum sistem "full day school" di MI Sultan Agung Yogyakarta meliputi: pengembangan tujuan pendidikan, pengembangan kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), kurikulum Kernenterian Agama (kemenag), dan kurikulum Pesantren, pengembangan pengalaman belajar untuk pengernbangan diri (life skill) dan pembiasaan diri, dan pengembangan evaluasi. (3) Hasil dari Pengembangan kurikulurn sistem .. full day school" di MI Sultan Agung Yogyakarta sebagai berikut: perubahan \\ aktu pembelajaran, pengembangan KTSP dari Kemendikbud, kurikulurn Kcme11ag, dan kurikulum pesantren. (4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pcngcmbangan kurikulum sistem •' full day schoor' di MI Sultan Agung aclalah lingkungan sckolah yang islami. fasiltas yang mcndukung kegiatan full dm•. pwfrsinnalismc guru. dukungan orang tua dan masyarakat sckitarnya. Adapun foktor pcnghambatnya adalah tidak semua pcserta didik dapat dikondisikan dengan sistem /id/ day, kckurangan guru dalam pembelajaran ekstrakurikuler, misalnya BTAQ dengan Qira 'ati, dan peralatan pendidikan yang kurang memadai.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian Dosen
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Users 110 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2015 08:34
Last Modified: 27 Jan 2015 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item