BUDAYA ILMIAH SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISW A PROGRAM STUD I PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA

ANDI PRASTOWO, 19820505 2011011 008 (2012) BUDAYA ILMIAH SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISW A PROGRAM STUD I PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA. BUDAYA ILMIAH SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISW A PROGRAM STUD I PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BUDAYA ILMIAH SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISW A PROGRAM STUD I PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA)
ANDI PRASTOWO - BUDAYA ILMIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul "Budaya ilmiah sebagai media pendidikan karakter bagi mahasiswa program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, bertujuan untuk mengetahui bentuk budaya ilmiah pada mahasiswa Profgram Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, seta untuk mengetahui strategi pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui budaya ilmiah tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode penelitian kualitatif-interpretatif. Seadangkan untuk menentukan subyek penelitiannya, peelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, maksudnya, subjek penelitian (responden) ditentukan berdasarkan pertimbangan bahwa subjek tersebut dipandang mengetahui permasalahan yang terkait dengan tema penelitian, yang terdiri dari mahasiswa, dosen, pegawai, Kaprodi, dan Sekprodi. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis interaktif model miles-huberman, mellaui proses koleksi data, redukai data, data display, dan conclusion drawing serta verivikasi. Keabsahan data dicek menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan uraian pembahasan dan analisis data yang dilakukan oleh penulis, maka penelitian tersebut dapat disimpulkan antara laian: 1) bentuk budaya ilmiah dalam kegiatan akademik pada mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijagameliputi tiga wujud: kaidah ilmiah, kegiatan ilmiah, dan produk (hasil karya) ilmiah. Kaidah ilmiah meliputi kaidah penulisan makalah, kaidah observasi lapangan, kaidah pengembangan media pembelajaran, dan pedoman penulisan skripsi. Kegiatan ilmiah meliputi penulisan makalah dan diskusi ilmiah di kelas, pengamatan lapangan, pengembangan media pembelajaran, dan penelitian skripsi. Produk ilmiah meliputi makalah, laporan observasi, laporan dan media pembelajaran, dan skripsi. 2) strategi yang dilaksanakan dalam pendidikan karakter melalui budaya ilmiah menggunakan model reflektif, artinya, model pendidikan karakter yang diarahkan pada pemahaman terhadap makna dan nilai yang terkandung di balik teori, fakta, fenomena, informasi, atau sifat produk dalam budaya ilmiah bagi mahasiswa prodi PGMI. Nilai-nilai karakter yang terkandung dan dikembangkan melalui budaya ilmiah mahasiswa meliputi dua klasifikasi yaoitu nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri dan nilai karakter dalam hubungannya dengan orang lain. Terdapat delapan nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri yaitu: jujur, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, percaya diri, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, ingin tahu, dan cinta ilmu. Sementara nilai-nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama manusia meliputi empat karakter yaitu sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, patuh pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi orang lain, serta santun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Budaya ilmiah, pendidikan karakter, Program Studi PGMI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 27 Jan 2015 11:34
Last Modified: 09 Dec 2022 05:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum