NAJIA MABRURA , NIM. 10410099 (2015) KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK DAN MENGELOLA BUDAYA ISLAMI DI SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
|
Text (KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK DAN MENGELOLA BUDAYA ISLAMI DI SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.PDF Download (3MB) | Preview |
|
Text (KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK DAN MENGELOLA BUDAYA ISLAMI DI SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
NAJIA MABRURA. Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk dan Mengelola Budaya Islami di SMP Diponegoro Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pembinaan akhlak mulia melalui budaya islami di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam membentuk dan mengelola budaya islami memiliki tanggung jawab terhadap seluruh aspek pendidikan Agama Islam mulai dari tanggung jawab terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas hingga mengorganisir lingkungan satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Kompetensi Leadership Guru PAI 2. Cara Membentuk dan Mengelola Budaya Islami di SMP Diponegoro Depok Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu deskriptif kualitatif. Dengan mengambil obyek SMP Diponegoro Depok dan subyek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah dan guru mata pelajaran lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan kompetensi leadership guru PAI sudah cukup baik dapat dilihat dalam setiap kegiatan sudah mampu membuat perencanaan pembudayaan, mampu mengorganisasikan potensi unsur sekolah secara sistematis, mampu menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing dan konselor, serta mampu menjaga dan mengarahkan pembudayaan pengamalan ajaran agama dengan indikasi budaya kedisiplinan, budaya bersih dan budaya berprestasi berkompetisi, 2) Cara mengelola budaya islami meliputi; memberi teladan, menegakkan disiplin, memberikan motivasi dan menciptakan suasana pembelajaran yang religious.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Suwadi, M. Ag, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kompetensi Leadership, Membentuk dan Mengelola, Budaya Islami |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 09:46 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 09:46 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15364 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |