STUDI TENTANG EFEKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HERI SUSANTO, NIM. 10411044 (2015) STUDI TENTANG EFEKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG EFEKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
10411044_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG EFEKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
10411044_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

HERI SUSANTO. Studi Tentang Efektivitas Belajar Mandiri Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Terbuka 3 Tempel Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam sistem pendidikan di SMP Terbuka siswa dituntut untuk belajar secara mandiri karena SMP Terbuka berbeda dengan SMP Reguler yang memiliki jam belajar di dalam kelas lebih banyak sehingga untuk menutupi kekurangan tersebut di SMP Terbuka siswa dituntut untuk dapat belajar secara mandiri, begitu juga di SMP Terbuka 3 Tempel dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan belajar mandiri. Begitu juga mata pelajaran PAI, materi yang dipelajari sebenarnya sering dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dalam belajar mandiri dapat lebih mudah. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan belajar mandiri mata pelajaran PAI dan sejauh mana efektifitas belajar mandiri dalam mata pelajaran PAI di SMP Terbuka 3 Tempel. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pelaksanaan Belajar Mandiri Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMP Terbuka 3 Tempel serta untuk mengetahui sejauh mana Efektivitas Belajar mandiri dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka 3 Tempel tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk kemajuan dan peningkatan mutu pendidikan dan dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pembelajaran yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar di SMP Terbuka 3 Tempel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna ituah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan kegiatan belajar mandiri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka 3 Tempel dapat berjalan dengan baik dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran juga cukup efektif, karena dapat membangkitkan semangat belajar siswa, dilihat dari kegiatan- kegiatan yang telah dilaksanakan seperti belajar mandiri siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maupun kegiatan pembelajaran di kelas yang berlangsung sesuai dengan tujuan yang diinginkan. (2) Efektivitas belajar mandiri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka 3 Tempel dapat dilihat dari tiga tahap yaitu persiapan, proses, dan hasil. Persiapan, meliputi beberapa hal yaitu persiapan guru yaitu seorang guru harus mempersiapan strategi belajar supaya mengarah kepada tujuan belajar mandiri dan persiapan siswa dalam belajar mandiri. Proses, belajar mandiri dalam mata pelajaran PAI di SMP Terbuka 3 Tempel dilakukan secara individual oleh siswa. Hasil siswa SMP Terbuka 3 Tempel mengenai belajar mandiri PAI dapat dilihat dari nilai rata-rata Ulangan Harian siswa kelas VII dan VIII yaitu 76,10 dan nilai UAS kelas VII dan VIII yaitu 77,10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2015 10:01
Last Modified: 28 Jan 2015 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum