DINAMIKA PENGEMBANGAN BATIK TULIS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN GIRILOYO, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DINAMIKA PENGEMBANGAN BATIK TULIS DAN , KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: (2015) DINAMIKA PENGEMBANGAN BATIK TULIS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN GIRILOYO, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PENGEMBANGAN BATIK TULIS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN GIRILOYO, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10230029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PENGEMBANGAN BATIK TULIS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN GIRILOYO, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10230029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Batik tulis merupakan warisan adiluhung yang keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan warisan budaya asli bangsa Indonesia. Begitu pula batik yang berkembang di Dusun Giriloyo lahir sejak bersamanya di bangun makam pasarean Giriloyo dan Pajimatan. Lewat persinggungan yang terjadi batik menjadi kebiasaan masyarakat. Memang awalnya batik sebagai barang kerajinan, namun dengan bergulirnya waktu batik menjadi barang yang bias dinik mati sebagai karya manusia dan menghasilkan keuntungan untuk kebutuhannya. Batik yang ada di Dusun Giriloyo itu tidak bias berjalan mulus. Artinya dari sisi pengrajinnya mengalami pasang-surut jumlahnya, begitu pula dari hasil produksi batik yang dihasilkannya juga naik-turun. Ketidakstabilan pengrajin batik dan hasil batik itu berdampak pula terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan sebabsebab ini maka pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut: bagaimana dinamika pengembangan batik yang ada di Dusun Giriloyo, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dinamika pengembangan batik itu, kemudian apa dampaknya pengembangan batik itu terhadap kesejahteraan masyarakat di Dusun Giriloyo. Untuk menjawab pertanyaan yang telah disampaikan di atas dan guna mendapatkan keakuratan maka dalam penelitian ini metode yang digunakan menggunakan metode diskripsi kualitatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan dan melukiskan keadaan obyek dan subyek peneliti berdasar suatu fakta yang nampak atau sebagaimana adanya. Penelitian ini dalam menyampaikan hasil penelitian diurutkan sesuai dengan awal tahun yang terjadi peristiwa. Kemudian penarikan informan menggunakan teknik bola salju yaitu dengan bertanya pada orang pertama kemudian meminta orang yang wawancarai itu menyebutkan siapa lagi orang yang mampu memberikan informasi dengan pertanyaan yang kurang lebih sama itu. Dengan demikian terkumpullah delapan orang yang dengan teknik tersebut. Kedelapan orang tersebut bagi penelitian ini sudah cukup karena informasi yang disampaikan sudah sama maknanya. Ada pun yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi: para pengrajin dan hasil produksi dalam hal ini pengembangan batik yang terjadi di Dusun Giriloyo dapat dikelompokkan menjadi tiga tahap kejadian, tahun 1654-1800-an batik lahir berkembang lalu surut lagi, tahun 1900-2006 kelompok batik lahir kemudian berkembang lalu surut lagi. Hingga mulai tahun 2007 pengrajin batik baik yang individu dan kelompok lahir kembali dan hasil produksi batik meningkat. Keadaan itu tidak bias lepas dari faktor-faktor perubahan masyarakat meliputi: bencana alam, ketidakstabilan keamanan, konflik masyarakat, dan factor structural yaitu adanya LSM yang ikut campur. Kemudian dampaknya bagi masyarakat mengalami perbaikan ekonomi secara keseluruhan, dengan jumlah pengrajin yang mencapai 390 orang dan upah yang di dapatkan dari membatik mulai naik awalnya dapat upah Rp 5.000,00 sampai saat ini mencapai Rp 120.000,00 persekali membatik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: dinamika batik. faktor-faktor dan kesejahteraan masyarakat
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jan 2015 09:50
Last Modified: 23 Dec 2015 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum