IMPLEMENTASI PROGRAM ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL (ASKESOS) NEW INITIATIVE BAGI PEKERJA MANDIRI SEKTOR INFORMAL DI TIGA KABUPATEN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014

HANI AMARIA , NIM. 10250042 (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL (ASKESOS) NEW INITIATIVE BAGI PEKERJA MANDIRI SEKTOR INFORMAL DI TIGA KABUPATEN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL (ASKESOS) NEW INITIATIVE BAGI PEKERJA MANDIRI SEKTOR INFORMAL DI TIGA KABUPATEN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014)
10250042_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM ASURANSI KESEJAHTERAAN SOSIAL (ASKESOS) NEW INITIATIVE BAGI PEKERJA MANDIRI SEKTOR INFORMAL DI TIGA KABUPATEN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014)
10250042_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Hani Amaria, Implementasi Program Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) New Initiative bagi Pekerja Mandiri Sektor Informal di Tiga Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013-2014. Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) new initiative bagi pekerja mandiri Sektor Informaldi Tiga Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013- 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh, 1) kecelakaan dan kematian akibat kerja bisa terjadi pada siapapun kapanpun dan dimanapun baik itu pekerja sektor formal maupun informal, 2) data pekerja sektor informal lebih besar dibandingkan pekerja sektor formal, 3) adanya kebijakan pemerintah UU No 40 Tahun 2004 tentang SJSN dan UU No 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, 4) adanya perubahan skema Askesos lama menjadi Askesos new initiative. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian implementasi program Askesos new initiative bagi pekerja mandiri sektor informal di Tiga Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2013- 2014. Subjek penelitian ini adalah Pegawai atau Staf seksi KTKPM di Dinas Sosial DIY sebagai pengendali program Askesos, dilengkapi dengan tim pelaksana Askesos di beberapa LPA sebagai pelaksana pada tingkat komunitas, para pendamping, BPJS Ketenagakerjaan serta peserta Askesos yang mengajukan klaim dan non klaim. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data, menyajikan hasil temuan dengan teknik berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Askesos new initiative dilakukan oleh beberapa implementer melalui tahap interpretasi, pengorganisasian dan pengaplikasian. Pengaplikasian program Askesos new initiative melalui proses sosialisasi, observasi, seleksi dan penetapan yayasan/organisasi sosial pelaksana LPA, seleksi peserta Askesos, seleksi dan penetapan pendamping Askesos, bimbingan motivasi peserta Askesos, bimbingan teknis dan supervisi bagi LPA, pendampingan, pelaksanaan tabungan dan CDS, tahap pengajuan manfaat serta tahap pengendalian. Pelaksanaan program Askesos new initiative dipengaruhi dengan beberapa faktor antara lain faktor komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap dan struktur birokrasi. Program Askesos sangat bermanfaat bagi para peserta Askesos sektor informal yang berpenghasilan rendah beserta keluarga yang ditinggalkan dengan mendapat bantuan berupa JKK dan JKM, namun ada beberapa faktor yang dikeluhkan oleh para implementer dan peserta Askesos yaitu kecukupan sumber daya keuangan, informasi serta disposisi BPJS Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Izzul Haq M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Implementasi Program Askesos new initiative, Sektor informal, Tiga Kabupaten DIY.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Jan 2015 02:53
Last Modified: 19 Oct 2015 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item