LAGU ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DINAMIKA KONFLIK DI TK GENIUS KIDS KRAPYAK WETAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FIKA MAFATIKHUNNA’MA , NIM. 10540070 (2015) LAGU ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DINAMIKA KONFLIK DI TK GENIUS KIDS KRAPYAK WETAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAGU ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DINAMIKA KONFLIK DI TK GENIUS KIDS KRAPYAK WETAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10540070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (LAGU ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DINAMIKA KONFLIK DI TK GENIUS KIDS KRAPYAK WETAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
10540070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya sebuah pembahasan mengenai penyebab lagu anak usia dini (lagu tepuk anak sholeh, lagu tepuk Islam dan lagu ikrarku) menjadi area konflik karena perbedaan penafsiran pemaknaan syair lagu serta perbedaan pendapat atau pemahaman antara wali murid mualaf dengan guru TK Genius Kids. Selain itu untuk mengetahui pengaruhnya lagu tersebut terhadap anak-anak di TK Genius Kids Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di TK Genius Kids Krapyak wetan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer. Data sekunder yang didapat dari penelitian ini adalah data yang sudah tersedia di kantor lembaga TK Genius Kids, seperti data kelembagaan, kurikulum dan profil, sedangkan data primer yang didapat oleh peneliti merupakan data yang diambil langsung dari sumber aslinya yang dijadikan narasumber dalam penelitian, seperti mewawancarai para guru TK Genius Kids dan orang tua wali murid. Data diperoleh langsung dari tempat penelitian di lapangan untuk memahami fenomena-fenomena dalam lingkungan hidup keseharian. Model pengembangan yang digunakan peneliti dilapangan berupaya menggambarkan bagaimana bentuk-bentuk serta mekanisme berlangsungnya kekerasan simbolik di sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berinteraksi secara langsung dengan narasumber yang bersangkutan, mengenal secara dekat dalam dunia kehidupan mereka, mengamati dan mengikuti alur kehidupan mereka secara apa adanya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kekerasan simbolik yang dituturkan oleh Bourdieu dilakukan bukan dengan jalan kekerasan secara fisik yang nyata, mekanisme yang dilakukan secara perlahan namun pasti, sehingga tidak sadar jika menjadi objek kekerasan. Perbedaan pemaknaan teks oleh sebagian guru, orang tua, dan pemerhati dunia pendidikan dari beberapa syair lagu anak usia dini di TK Genius Kids (lagu tepuk anak sholeh, lagu tepuk Islam dan lagu ikrarku) adalah pemahaman yang bersifat memaksakan tersebut. Yang permasalahan tersebut dianggap merupakan masalah dalam dunia pendidikan yang didalamnya mengajarkan indoktrinisasi agama terhadap anak usia dini. Ketika sebuah lagu dipermasalahkan oleh sebagian wali murid karena lirik lagunya itu merupakan sebuah serangan kepada guru, namun pada permasalahan ini guru lebih mendominasi karena jumlah guru lebih banyak dan berkuasa dibandingkan sebagian wali murid. Akan tetapi lagu yang diajarkan sebenarnya sudah diajarkan turun-temurun sejak dulu, karena tuntutan dari kurikulum lembaga, jadi yang sebenarnya menjadi korban dalam konflik ini adalah guru, wali murid dan anak karena pemberian kurikulum pembelajaran lembaga tersebut. Maka dari itu, keefektifan penyampaian lagu harus diimbangi dengan pemahaman arti atau arti perkata pada syair lagu yang disampaikan sehingga nanti kedepannya tidak akan ada lagi kesalahpahaman serta rasa ketidaknyamanan para wali murid dengan apa yang telah diajarkan atau disampaikan oleh guru kepada anak didiknya di TK Genius Kids.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moh. Soehadha, S. Sos. M. Hum.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: lagu anak usia dini, pemaknaan/penafsiran lagu, area konflik/ dinamika konflik
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jan 2015 13:45
Last Modified: 22 May 2015 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum