PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTs MATERI POKOK SEGITIGA

HILYATUSH SHOFA, NIM. 10600057 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTs MATERI POKOK SEGITIGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTs MATERI POKOK SEGITIGA)
10600057_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTs MATERI POKOK SEGITIGA)
10600057_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Role Playing Games (RPG) menggunakan software RPG Maker VX Ace pada materi pokok segitiga, dan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dihasilkan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tahap-tahap pada penelitian pengembangan ini diadaptasi dari Daur Pengembangan Sistem Informasi atau System Development Life Cycle (SDLC). Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, serta operasi dan pemeliharaan. Produk dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran jika mendapatkan penilaian dengan minimal kriteria baik dari penguji beta, yaitu ahli pembelajaran dan siswa. Penelitian ini dimulai dengan tahap analisis sistem, di mana dilakukan analisis kebutuhan dan studi kelayakan. Pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah dan analisis kurikulum hingga diperoleh alternatif solusi yang tepat, yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis RPG pada materi pokok segitiga. Tahap selanjutnya adalah perancangan produk media pembelajaran berbasis RPG secara konseptual, dan secara fisik menggunakan software RPG Maker VX Ace, kemudian dilakukan pemrograman. Setelah produk jadi, dilakukan pengujian alpha, dan dilanjutkan dengan pengujian beta oleh ahli pembelajaran dan siswa. Tahap akhir adalah operasi dan pemeliharaan pada produk game yang telah dikembangkan. Pada penelitian ini diperoleh hasil berupa produk media pembelajaran berbasis RPG yang mendapat skor rata-rata 89 dengan persentase keidealan 89,00% yaitu pada kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli pembelajaran, dan berdasarkan penilaian siswa mendapat skor rata-rata 98,43 dengan persentase keidealan 82,03% yaitu pada kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis RPG yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Role Playing Games (RPG), RPG Maker VX Ace, Segitiga.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Jan 2015 13:13
Last Modified: 27 Jan 2016 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item View Item