PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PERTANIAN TERPADU OLEH KELOMPOK TANI LESTARI MAKMUR DESA ARGOREJO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

ISTIQOMAH , NIM. 11230087 (2015) PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PERTANIAN TERPADU OLEH KELOMPOK TANI LESTARI MAKMUR DESA ARGOREJO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PERTANIAN TERPADU OLEH KELOMPOK TANI LESTARI MAKMUR DESA ARGOREJO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)
11230087_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PERTANIAN TERPADU OLEH KELOMPOK TANI LESTARI MAKMUR DESA ARGOREJO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)
11230087_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Istiqomah, Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalui Pertanian Terpadu oleh Kelompok Tani Lestari Makmur Desa Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pertanian merupakan sumber kehidupan bagi sebagian penduduk, sebagai kebutuhan kerumah tanggaan dan kebutuhan dasar industri kecil. Dengan bertambahnya kebutuhan dan meningkatnya tekhnologi, petani dihadapkan dengan pemilihan altenatif guna memanfaatkan sumber daya yang terbatas jumlahnya. Maka dibutuhkan pengelolaan yang baik dan keterampilan yang ulet yaitu pertanian terpadu.Di Desa Argorejo terdapat Pertanian Terpadu yang kegiatannya saling berkesinambungan yaitu di Kelompok Tani Lestari Makmur. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep, implementasi dan hasil yang dicapai dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui pertanian terpadu. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan snow balling dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pengembangan ekonomi masyarakat melalui pertanian terpadu merupakan salah satu gagasan dari perintis sebagai pusat pertanian secara terpadu di Desa Argorejo.Implementasinya merupakan kegiatan pertanian yang linier dengan pemanfaatan kotoran ternak dan limbah padi menjadi media jamur, setelah panen media jamur dilanjutkan menjadi media cacing dan terakhir dijadikan pupuk organik bagi tanaman. Dengan adanya pengembangan ekonomi masyarakat melalui pertanian terpadu dapat meningkatkan pendapatan petani, dilihat dari sistem harian dan mingguan seperti sayuran, sistem bulanan seperti buah dan empat bulanan seperti padi, dan penghasilan dari penjualan pupuk organik. Selain itu, dapat menjadi lapangan pekerjaan dilihat dari petani yang tidak mempunyai sawah tetapi bisa menggarap sawah dan menjadi buruh harian sehingga dapat memandirikan petani. Tetapi belum rafihnya Administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Aziz Muslim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kunci: Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Pertanian Terpadu.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Feb 2015 09:59
Last Modified: 19 Oct 2015 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum