PONDOK PESANTREN TASAWUF (STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN MAULANA RUMI DI DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKATA)

MOHAMAD ZAINUDIN, NIM. 07120036 (2015) PONDOK PESANTREN TASAWUF (STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN MAULANA RUMI DI DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKATA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PONDOK PESANTREN TASAWUF (STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN MAULANA RUMI DI DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKATA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PONDOK PESANTREN TASAWUF (STUDI TERHADAP PONDOK PESANTREN MAULANA RUMI DI DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKATA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)

Abstract

Pondok Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam tertua yang tidak hanya didentik dengan makna keislaman, akan tetapi juga mengandung makna keaslian (Indigenous) Indonesia. Semenjak awal kemunculannya, Pondok Pesantren sudah erat hubungannya dengan Islam bercorak tasawuf. Meski demikian hingga saat ini masih belum ada Pondok Pesantren yang fokus mempelajari kitab-kitab tasawuf tanpa harus terikat pada aliran tarikat tertentu seperti Pondok Pesantren Maulana Rumi. Keberadaan Pondok Pesantren Maulana Rumi sebagai Pondok Pesantren Tasawuf sangat unik dan belum pernah dijadikan sebagai objek penelitian. Berdasarkan hal itu maka menurut penulis penelitian ini penting untuk dilakukan. Penelitian ini difokuskan pada tiga pertanyaan, sebagai rumusan masalah, yaitu: Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Maulana Rumi? Mengapa Pondok Pesantren Maulana Rumi disebut sebagai Pondok Pesantren Tasawuf? Apa kontribusi Pondok Pesantren Maulana Rumi dalam bidang pendidikan, spiritual dan sosial kemasyarakatan?Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi dengan menggunakan pendekatan antropologi historis dan metode kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa Pondok Pesantren Maulana Rumi disebut sebagai Pondok Pesantren Tasawuf, karena kegiatan pengajian di Pondok Pesantren Maulana Rumi hanya fokus mengaji kitab-kitab tasawuf tanpa harus terikat dengan aliran tarekat tertentu. Di sisi lain juga terdapat kegiatan riyadhah dan thirakat yaitu dengan bershalawat Qasidah Burdah di sepertiga malam secara rutin setiap malam. Adapun kontribusi Pondok Pesantren Maualana Rumi sebagai Pondok Pesantren Tasawuf, yaitu: Meningkatkan pengetahuan keislaman santri, meningkatkan kualitas spiritual santri, dan membentuk prilaku sosial kemasyarakatan yang baik dengan cara meneladani akhlak mulia Rasulullah Saw. Hasil penelitian di ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih terutama dalam memeperkaya khazanah ilmu pengetahuan, utamanya dalam bidang ilmu pengetahuan antropologi budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syamsul Arifin
Uncontrolled Keywords: Keyword: Pondok Pesantren Tasawuf, Pondok Pesantren Maulana Rumi, Pondok Pesantren, tasawuf, kontribusi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Apr 2015 14:03
Last Modified: 06 Apr 2015 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum