AL JINAS WA RADDU AL 'AJUZ 'ALA SADR FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI AL SHAYKH YUSUF IBN MUHAMMAD AL TAWZARIY (DIRASAH IHSAIYYAH BALAGHIYYAH MIN AL MUHSINAT AL LAFDIYYAH)

YONA PRATAMA, NIM. 09110118 (2015) AL JINAS WA RADDU AL 'AJUZ 'ALA SADR FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI AL SHAYKH YUSUF IBN MUHAMMAD AL TAWZARIY (DIRASAH IHSAIYYAH BALAGHIYYAH MIN AL MUHSINAT AL LAFDIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL JINAS WA RADDU AL 'AJUZ 'ALA SADR FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI AL SHAYKH YUSUF IBN MUHAMMAD AL TAWZARIY (DIRASAH IHSAIYYAH BALAGHIYYAH MIN AL MUHSINAT AL LAFDIYYAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL JINAS WA RADDU AL 'AJUZ 'ALA SADR FI QASIDAH AL MUNFARIJAH LI AL SHAYKH YUSUF IBN MUHAMMAD AL TAWZARIY (DIRASAH IHSAIYYAH BALAGHIYYAH MIN AL MUHSINAT AL LAFDIYYAH))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul al-Jinas wa Roddu al-‘Ajuz ‘ala as-Sodr (Dirasah Ihsaiyyah Balagiyyah min al-Muhassinat al-Lafziyyah). Penulisan skripsi ini dilatar belakangi adanya keindahan bahasa yang dikemas dengan susunan sastranya yang apik dan mengesankan, banyak ditemui dan didapati dalam naskah syair “Qosidah al-Munfarijah” dikarang oleh Syeh Yusuf bin Muhammad al-Tauziriy. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti naskah syair “Qosidah al-Munfarijah” dengan mengajukan dua rumusan pertanyaan yang dibatasi pada kajian al-jinas dan roddu al-ajuz ala as-sodr, Pertama, berapa jumlah al-jinas dan roddu al-‘ajuz ‘ala as-sodr dalam naskah syair “Qosidah al- Munfarijah”? Kedua, Apa macam-macam al-jinas dan bentuk-bentuk roddu al- ‘ajuz ‘ala as-sodr yang terdapat dalam naskah syair “Qosidah al-Munfarijah”? Adapun tujuannya untuk mengetahui jumlah al-jinas dan roddu al-‘ajuz ‘ala as- sodr dan macam-macamnya dalam naskah syair “Qosidah al-Munfarijah”. Teori yang peneliti gunakan dan ajukan adalah teori balaghoh yang yang lebih menfokuskan kajiannya pada bidang ilmu badi’ dengan teori al-jinas dan roddu al-‘ajuz ‘ala as-sodr. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan bahan-bahan atau sumber-sumber referensi yang didapat dari perpustakaan. Adapun analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif dan disajikan dengan metode deskriptif kuantitatif, sehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian. Hasil dari penelusuran dari data primer didapati ٤٣ kalimat yang menggunakan al-jinas dan roddu al-‘ajuz ‘ala as-sodr dengan rincian sebagai berikut: a. Al-Jinas berjumlah ٢٦ kalimat, yang terbagi dalam beberapa macam jinas sebagai berikut: Jinas Mumatsil (٢ kalimat), Jinas Muharraf (١ kalimat), Jinas Naqis (١ kalimat), Jinas Mudhari’ (١ kalimat), Jinas Lahiq (٨ kalimat), Jinas Isytiqaq (١١ kalimat), dan Jinas Muthlaq (٢ kalimat). b. Roddu al-‘ajuz ‘ala as-sodr berjumlah ١٧ kalimat yang terbagi ke dalam bentuk-bentuk sebagai berikut: (١) Dua lafadz yang sejenis, lafadz dan maknanya berjumlah ٤ kalimat. (٢) Dua lafadz yang merupakan derivasi berjumlah ١١ kalimat (٣) Dua lafadz yang seakan-akan merupakan derivasi (syibhu li al-isytiqaq) berjumlah ٢ kalimat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Qosidah al-Munfarijah
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2015 08:20
Last Modified: 07 Apr 2015 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum